Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kudus Siapkan Seribuan Dosis Vaksin Covid-19 untuk Pelamar CPNS

Nakes tengah menyuntikkan vaksin pada salah seorang peserta vaksinasi Sukun Group. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menyediakan vaksinasi gratis bagi para pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) nonguru di Pemkab Kudus.

Vaksinasi ini sebagai syarat untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pertengahan September ini.

Seperti diketahui, Pemkab Kudus memang mewajibkan para pelamar untuk sudah melakukan vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama saat pelaksanaan SKD di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

“Ini juga sebagai bentuk kemudahan dari kami, sehingga nanti tak ada pelamar CPNS ataupun PPPK yang datang ujian tanpa bawa bukti vaksinasi dengan alasan tak dapat jatah vaksin,” kata Kabid Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan Pegawai pada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Hendro Muswinda, Jumat (3/9/2021).

Alokasi jumlah vaksinnya pun sama seperti jumlah pelamar CPNS dan PPPK nonguru saat ini, yakni sekitar seribuan dosis untuk seribuan pelamar.

“Pasti ada yang sudah vaksin di luar juga, kami harapkan itu cukup karena prioritasnya memang untuk pelamar CPNS dan PPPK di Pemkab Kudus saja,” jelas dia.

Baca: Jateng Minta Swab Tes dan Vaksin Tak Jadi Syarat Wajib SKD CPNS

Sementara untuk warga Kudus yang melamar CPNS maupun PPPK di luar Pemkab Kudus dan belum mendapatkan vaksin, diharapkan untuk bisa menghubungi fasilitas kesehatan setempat.

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kudus mewajibkan semua calon peserta SKD CPNS maupun PPPK Pemkab Kudus untuk telah menjalani vaksinasi Covid-19 minimal dosis satu.

Baca: Jangan Khawatir, Peserta SKD CPNS Tak Vaksin karena Komorbid Bisa Bawa Surat Ini

Walau demikian, pihak BKPP memberikan sejumlah dispensasi bagi calon peserta yang memang belum bisa divaksin karena alasan kesehatan atau komorbid.

Bagi calon peserta dengan kondisi demikian, bisa membawa surat keterangan dokter terkait kondisi kesehatannya. Surat tersebutlah yang kemudian akan dijadikan syarat menjalani pelaksanaan tes SKD di UNS Surakarta.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...