Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Penyeberangan Pertama Tujuan Karimunjawa Penuh Wisatawan

Petugas pelabuhan mengecek surat-surat penumpang sebelum menyeberang ke Karimunjawa. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Pelabuhan Kartini Jepara Jumat (3/9/2021) pagi ini dipenuhi penumpang kapal cepat yang ingin menyeberang ke Karimunjawa. Tidak hanya warga lokal yang ingin pulang kampung, sebagian besar penumpang justru warga luar Jepara yang ingin berwisata.

Deni, salah satu penumpang asal Semarang, mengaku akan berwisata di Kepulauan Karimunjawa selama tiga hari ke depan. Ia mendapatkan informasi dibukanya Karimunjawa dari biro jasa penyeberangan.

“Ini rencananya mau wisata saja. Barengan sama temen-temen,” kata Deni.

Deni mengatakan, pihak biro jasa mensyaratkan semua penumpang untuk membawa sertifikat vaksinasi Covid-19 dan surat hasil swab antigen. Beruntung, dia sudah divaksin dua kali.

“Kalau rapid antigen tadi saya tes di dekat kota (Jepara, red),” ujar Deni.

Baca: Mau Piknik ke Karimunjawa? Ini Syarat yang Harus Kamu Bawa

Sementara itu, Ahmad Wildan, manajemen Kapal Express Bahari, menyampaikan penumpang kapal dipenuhi wisatawan. Kapasitas kapal itu mestinya 400 kursi lebih. Namun, selama masa pandemi, penumpang dibatasi maksimal hanya 248 orang.

“Hari ini penyeberangan pertama setelah pembukaan wisata Karimunjawa secara resmi. Sudah banyak wisatawan luar kota yang datang. Tadi penumpang full kapasitas,” jelas Wildan.

Baca: Hore! Wisata Sudah Dibuka, Bisa Piknik Lagi di Jepara

Kemarin, Balai Taman Nasional (BTN) Karimunjawa mengumumkan pembukaan wisata alam di sana. Syarat utamanya yaitu menjalankan protokol kesehatan ketat.

Wildan menambahkan, hingga kini memang belum ada surat edaran yang berisi penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Namun, hari ini pihaknya akan mengkomunikasikannya dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara.

 

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...