Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Diresmikan, Jokowi Berharap Bendungan Way Sekampung Bisa Sejahterakan Petani

Bendungan Way Sekampung. (YouTube/Sekretariat Presiden)

MURIANEWS, Lampung– Bendungan Way Sekampung di Provinsi Lampung diresmukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (2/9/2021). Bendungan yang dibangun sejak 2016 itu menghabiskan dana sebesar Rp 1,78 triliun.

Menurut Jokowi, bendungan itu memiliki kapasitas tampungan sampai 68 juta meter kubik. Sementara luas genangannya mencapai 800 hektare. Selain sebagai penyedia air baku, bendungan itu akan berfungsi sebagai pembangkit listrik, irigasi, sampai mengendalikan banjir.

“Mampu mengairi 55 ribu hektare (sawah) daerah irigasi eksisting dan 17.500 hektare daerah irigasi baru. Artinya ini ada ekstensifikasi. Dan menyediakan air baku hingga 2,737 liter per detik dan sebagai sumber pembangkit listrik 5,4 Megawatt, serta tadi sudah saya sampaikan juga sebagai pengendali banjir,” kata Jokowi dalam peresmian yang ditayangkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (2/9/2021).

Jokowi berharap Bendungan Way Sekampung bisa mendukung peningkatan produktivitas pertanian. Untuk itu, dia meminta pemerintah daerah untuk menata sistem irigasi dengan baik.

“Kita berharap bendungan ini memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Kabupaten Pringsewu dan sekitarnya dalam rangka mendukung produktivitas petani, membantu masyarakat yang kesulitan air bersih, serta mengurangi kerugian masyarakat akibat adanya banjir,” kata Jokowi.

Diketahui, dengan manajemen air dari hulu sampai ke hilir, sistem kaskade Way Sekampung bisa menampung ketersediaan air di salah satu lumbung pangan nasional. Dengan begitu, petani dapat terus berproduksi dan meningkatkan produksinya.

“Intensitas tanam juga bisa ditingkatkan dari semula 2 kali setahun menjadi 3 kali setahun. Artinya, produksi dipastikan akan meningkat dan kita harapkan kesejahteraan petani juga ikut meningkat,” jelas dia.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...