Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Stok Vaksin Covid-19 di Kabupaten Jepara Masih Cukup Melimpah

Gudang penyimpanan vaksin milik DKK Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Persediaan vaksin Covid-19 di Kabupaten Jepara terbilang masih cukup melimpah. Hingga Kamis (2/9/2021) hari ini stok yang tersedia masih sebanyak 63.097 dosis.

Pada bulan-bulan lalu stok vaksin di Jepara sempat menipis bahkan habis. Padahal, animo masyarakat mulai meningkat, setelah pemerintah mensyaratkan sejumlah layanan di fasilitas umum menggunakan kartu vaksin Covid-19.

Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara Muh Ali, menegaskan bahwa dengan stok yang tersedia itu, pihaknya yakin masih aman untuk sepekan ke depan.

“Stok vaksin kita aman untuk berhari-hari ke depan. Kita kemarin baru ambil lagi dari Dinkes Provinsi Jateng,” kata Muh Ali, Kamis (2/9/2021).

Ia merinci, stok vaksin Sinovac masih 48.050 dosis, Astra Zeneca 12.923 dosis, Moderna 1.060 dosis, dan vaksin Sinopharm masih 1.064 dosis.

Baca: Super Ngebut, Jepara Suntik 10 Ribu Pelajar dalam Tiga Hari

Sementara itu, Muh Ali menargetkan sebanyak 922.450 orang tervaksinasi Covid-19. Sejauh ini warga yang tervaksin dosis pertama baru 202.302 orang. Sedangkan yang sudah tervaksinasi dosis kedua baru 114.700 orang.

“Sementara ini kita memprioritaskan pelayanan vaksinasi dosis kedua. Sebab yang sudah menumpuk banyak,” jelas Muh Ali.

Untuk itu, Muh Ali mengalokasikan 30 persen dari jumlah persediaan vaksin bagi penyuntikan vaksinasi dosis kedua.

Ia menambahkan, serbuan vaksinasi memang dilakukan di semua kalangan dan lokasi. Bersama TNI dan Polri, pihaknya melaksanakan vaksinasi di sejumlah sektor.

Seperti pendidikan atau sekolah-sekolah, di fasilitas-fasilitas kesehatan, atau di pabrik-pabrik.

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...