Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pandemi, PB Djarum Lakukan Audisi Khusus Lewat Klub Mitra

Audiensi Djarum Beasiswa Bulutangkis, tahun lalu. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus- Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis 2021 tidak diselenggarakan PB Djarum. Sebagai gantinya PB Djarum akan menggelar audisi khusus via penjaringan lewat sembilan klub mitra PB Djarum.

Ada sembilan klub mitra dari PB Djarum, yang akan dilibatkan dalam kegiatan ini. Masing-masing PB Champion Magelang, PB Istimewa Badminton Club (IBC) Yogyakarta, PB Champion Klaten, PB Champion Jakarta, dan PB PMS Solo.

Kemudian PB Kartika Purwokerto, PB Bina Pratama Kebumen, PB Unggul Jaya Pekalongan, dan PB Arista Semarang. Melalui klub-klub ini, calon penerima Djarum Beasiswa Bulu Tangkis akan diseleksi.

Menurut Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin, tahun ini tidak ada audisi umum lantaran adanya pandemi Covid-19. Oleh karena itu pihaknya memilih mencari via sembilan klub mitra.

“Kami tidak mendasarkan pada posisi bermain, single atau double. Namun lebih mengutamakan mencari atlet potensialnya dulu,” katanya, Kamis (2/9/2021).

Yoppy Rosimin melanjutkan, mekanisme audisi khusus itu dilakukan dengan cara atlet dari tiap-tiap klub mitra itu mengirimkan video ke pihak PB Djarum. Setelah itu, dari tim pelatih PB Djarum akan melakukan seleksi.

“Kalau pelatih PB Djarum tertarik dengan video yang dikirim atlet, nantinya pihak PB Djarum dengan pihak klub mitra akan janjian untuk memantau langsung. Bentuknya bisa pihak PB Djarum yang ke sana atau atletnya yang ke Kudus,” ungkapnya.

Setelah melakukan pemantauan atlet via video, atlet akan kembali dipantau secara langsung oleh pihak PB Djarum selama satu hingga dua pekan. Jika tim pelatih PB Djarum sudah yakin, maka atlet tersebut akan direkrut oleh PB Djarum.

Menurut Yoppy, pekan lalu sudah ada lima atlet yang direkrut PB Djarum. Keseluruhannya merupakan atlet U-13. Mereka terdiri dari empat atlet putra dan satu atlet putri.

“Untuk pencarian atlet berbakat ya tidak ada batasannya. Akan terus mencari selagi masih ada yang bagus,” terang Yoppy.

Sistem audisi khusus ini sudah berlangsung sejak lima tahun terakhir. Secara kualitas jika dibandingkan dengan atlet PB Djarum, Yoppy menyebut masih belum setara. Namun, potensi atlet yang direkrut masih bisa berubah lebih baik lagi seiring berjalannya waktu.

“Harapannya pencarian bakat ini tidak berhenti dan bisa terus berjalan. Sehingga bisa terus mencari bakat-bakat terbaik. Tetapi yang perlu diketahui, pencarian bakat lewat sembilan klub mitra itu bukan satu-satunya cara. Banyak cara untuk menemukan bakat-bakat terbaik,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Pemandu Bakat PB Djarum, Sigit Budiarto menyampaikan tidak ada batasan perihal pencarian atlet lewat audisi khusus ini. Baginya selagi masih ada atlet potensial akan terus dicari.

“Tidak ada batasan waktu. Kami akan terus cari bakat-bakat terbaik,” ujarnya.

Sigit melanjutkan, posisi atlet yang direkrut bisa berubah. Utamanya bagi nomor tunggal.

“Bisa berubah juga. Misal dia atlet tunggal, bisa juga nanti setelah kami latih di PB Djarum, kami ubah ke ganda,” sambungnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Budi erje

Comments
Loading...