Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Baru Empat Persen Pelajar di Kudus Disuntik Vaksin Dosis Pertama

Vaksinasi pelajar di SMP Al-Ma’ruf Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus tengah menggenjot vaksinasi pelajar atau remaja yang berusia 12-17 tahun. Pelaksanaan vaksinasi pelajar tersebut sebagai salah satu upaya dalam percepatan vaksinasi penanganan Covid-19.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Aniq Fuad merincikan, ada sebanyak 85.057 remaja yang menjadi sasaran vaksin berjenis Sinovac. Hanya saja per Rabu  (1/9/2021) kemarin baru ada 3.245 remaja yang sudah mendapatkan dosis pertama.

“Kalau diperesentasi itu baru 4 persen untuk dosis pertama. Untuk dosis kedua baru ada 706 sasaran atau 0,9 persen,” katanya, Kamis (2/9/2021).

Ia menjelaskan, vaksinasi remaja saat ini tengah difokuskan untuk remaja kelas IX setingkat SMP sederajat. Pelaksanaanya pun telah difokuskan ke masing-masing sekolah agar lebih mudah dalam melakukan pendataan.

“Kami sudah alokasikan semua vaksin Sinovac untuk kelas IX, ada sebanyak 4.714 dosis pertama, yang dilaksanakan sampai 11 September 2021. Memang kami fokuskan ke sekolah agar lebih mudah, karena ini pembelajaran tatap muka juga sudah mulai berlangsung,” jelasnya.

Baca: Kudus Kebut Vaksinasi Pelajar untuk PTM, Fokus Siswa Kelas IX dan XII

Pihaknya kini masih menunggu kembali adanya droppingan vaksin Sinovac untuk menuntaskan puluhan ribu sasaran untuk remaja itu.

“Kalau untuk dosis kedua saat ini stoknya aman. Nanti setelah datang lagi SMP kami tuntaskan dulu, baru nanti kalau ada droppingan akan kami sasar untuk pelajar atau remaja tingkat MTs begitu juga selanjutnya tingkat SMA dan MA,” pungkasnya.

Diketahui, pelaksanaan vaksinasi pelajar atau remaja itu telah mulai digenjot semenjak Senin, (30/8/2021).  Mulai dari SMP 1 Kudus, SMP 2 Kudus, SMP 2 Jati, SMP Al-Ma’ruf dan sejumlah sekolahan lain.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: S Budi Santoso

Comments
Loading...