Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

September, Kemenkes Targetkan Vaksinasi 2,3 Juta Dosis Sehari

Ilustrasi Indonesia kedatangan vaksin. (YouTube/Sekretariat Presiden)

MURIANEWS, Jakarta – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali mengejar capaian target vaksinasi di Indonesia. Pada September ini, pihaknya menargetkan 2,3 juta dosis seharinya baik untuk dosis pertama maupun dosis kedua.

Target itu diungkapkan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (2/9/2021). Menurutnya, kenaikan target itu telah mempertimbangkan jumlah vaksin Covid-19 yang datang di Indonesia.

Dante menyebut, jumlah kedatangan vaksin pada semester kedua 2021 ini, lebih banyak ketimbang sebelumnya. Dia pun optimis bisa mencapai target tersebut.

“Kita targetkan dalam waktu di September ke depan, bisa mencapai 2,3 juta dosis suntikan per hari,” katanya.

Sebelumnya, sepanjang Agustus pemrintah telah menerima 43 juta dosis vaksin Covid-19. Vaksin itu balam bentuk mentah maupun sudah jadi. Jumlah tersebut, menurut Dante, telah memenuhi 10 juta dosis vaksin per 10 hari pada Agustus.

Pemerintah sendiri sudah beberapa kali menetapkan target vaksinasi. Mulanya, pemerintah menargetkan sejuta dosis vaksin sehari pada Juli 2021. Namun, target itu belum terealisasi sepenuhnya. Kemudian, di Agustus, pemerintah menaikan target menjadi dua juta dosis perhari. Itu juga belum terealisasi sepenuhnya.

Dari data harian Satgas Covid-19, secara komulatif pada sepuluh hari pertama pada Agustus, vaksinasi hanya sampai 8.331.794 dosis. Kemudian di sepuluh hari kedua, pemerintah berhasil meningkatkan cakupannya menjadi 11.164.061 dosis. Terakhir, pada 21 sampai 31 Agustus, vaksinasi menjadi 11.709.304 dosis.

Dante menyebut, pada Juni 2021, vaksinasi di Indonesia sudah mencapai 50 juta dosis dalam 26 minggu. Kemudian, akhir Agustus, dalam kurum waktu sekitar 6 minggu berhasil mencapai 50 juta. ”Jadi percepatan vaksinasi sudah sedemikian rupa,” kata dia.

Lebih lanjut, Dante mengajak seluruh pihak agar ikut mendorong keberhasilan program vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Sebab, vaksin dinilai sebagai salah satu upaya tambahan dalam mengendalikan pandemi Covid-19 di Tanah Air.

“Oleh sebab itu, diperlukan dukungan seluruh elemen masyarakat, pemerintah, dinas kesehatan, TNI/Polri, ormas, dan swasta untuk terus dapat mempercepat laju vaksinasi,” kata Dante.

Dante juga berpesan agar penerapan protokol kesehatan Covid-19 terus dilaksanakan oleh seluruh masyarakat meskipun telah mendapat vaksin Covid-19 secara lengkap.

Secara keseluruhan, Kementerian Kesehatan per Rabu (1/9/2021) Pukul 21.00 WIB mencatat sebanyak 64.229.890 orang telah menerima suntikan dosis pertama vaksin virus corona. Sementara baru 36.454.433 orang telah rampung menerima dua dosis suntikan vaksin Covid-19 di Indonesia.

Dengan demikian, target vaksinasi pemerintah dari total sasaran 208.265.720 orang baru menyentuh 30,84 persen dari sasaran vaksinasi yang menerima suntikan dosis pertama. Sedangkan suntikan dosis kedua baru berada di angka 17,50 persen.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...