Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jengkel, Ketua DPRD Kudus Akan Cari-carikan Dana Perbaiki SD Rusak

Atap bangunan salah satu kelas di SD 4 Prambatan Kidul tampak lowong karena ambruk. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus Masan merasa jengkel ketika meninjau gedung SD 4 Prambatan Kidul, yang sudah berbulan-bulan rusak, Kamis (2/9/2021) pagi.

Masan mengaku heran karena masih ada sekolah ambruk di Kabupaten Kudus yang masih belum mendapat bantuan pembangunan dari pemkab.

Pihaknya pun menyebut Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus berkinerja lemah, sehingga kejadian seperti ini terus berulang.

“Akan kami carikan anggaran dari manapun nanti di perubahan (APBD, red), jangan sampai ada sekolah ambruk seperti ini lagi,” katanya.

DRPD Kudus sendiri, kata dia, memiliki fungsi budgeting atau mengatur anggaran. Dengan begitu dia akan mengaturnya dengan skala-skala prioritas.

“Anggaran itu ya selalu kurang, tapi kalau ada skala-skala prioritas pasti akan terselesaikan,” ujarnya.

Hanya, pihaknya meminta Disdikpora untuk memberikan daftar sekolah dengan skala rusak mulai dari tingkat ringan, sedang, dan berat. Sehingga ketika menganggarkan nanti bisa tepat sasaran dengan menggunakan skala prioritas.

“Kami bisa cari solusi untuk ini dengan cara skala prioritas, adanya data itu juga bisa dijadikan acuan untuk pengajuan baik ke pusat, provinsi maupun daerah, dan tepat sasaran,” jelasnya.

Baca: Bupati Kudus Tak Janji Bisa Perbaiki SD 4 Prambatan Kidul Tahun Ini

Penganggaran perbaikan sekolah-sekolah rusak sendiri akan diupayakan ada pada anggaran Perubahan APBD 2021 mendatang.

“Ada atau tidak ada uangnya, nanti akan diupayakan untuk ada, biar tidak terjadi hal seperti ini lagi,” tandasnya.

Baca: Soal SD Rusak, Ketua DPRD Kudus Marah ke Diskdikpora

Diberitakan sebelumnya, dua ruang kelas di SD 4 Prambatan Kidul, Kecamatan Kaliwungu, Kudus beratapkan langit. Atap di ruang kelas satu dan tiga tersebut telah roboh beberapa bulan lalu.

Tak hanya itu, ruang kelas dua juga telah lapuk dan nyaris ambruk. Terlihat isi ruangan tersebut telah dikosongkan, dan ada satu bambu yang digunakan untuk menyangga atap yang sudah lapuk itu.

 

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...