Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

PDIP Pati Turun Tangan Bantu Percepat Vaksinasi Covid

Ali Badruddin bersama dengan anggota nampak memantau proses vaksinasi (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Sebagai upaya untuk membantu pemerintah dalam mempercepat kekebalan komunal (Herd Immunity), Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Pati mengadakan vaksinasi massal. Vaksinasi tersebut dipusatkan di Desa Dadirejo, Kecamatan Margorejo, Kamis (2/9/2021).

Ketua DPC PDIP Pati Ali Badruddin mengatakan, vaksinasi ini instruksi dari pusat agar masing-masing kabupaten/kota memberikan layanan vaksin kepada masyarakat.

Khusus untuk Bumi Mina Tani sendiri, hanya menyasar di empat kecamatan. Namun, yang sudah terlaksana baru di Kecamatan Margorejo, dan Tayu.

“Dua kecamatan lain yang menjadi sasaran kami adalah di Kayen dan Pucakwangi. Ini nanti kami fokuskan di desa yang memang tingkat vaksinasinya masih rendah. Sehingga, nantinya mereka bisa ikut disuntik vaksin dari dosis yang kami sediakan,” katanya.

Ali yang juga Ketua DPRD Pati menambahkan, untuk targetnya sendiri pihaknya tidak mematok khusus untuk berapa orang, melainkan sesuai dengan arahan pemerintah.

Apabila dalam satu wilayah ini masih kekurangan, maka pihaknya akan siap membantu untuk melakukan vaksinasi kepada warga. Dengan demikian, beban pemerintah bisa sedikit berkurang untuk percepatan vaksinasi ini.

“Karena itu, dalam penyelenggaraan vaksinasi ini kami bekerja sama dengan dinas terkait, terutama untuk penyediaan tenaga vaksinatornya. Kemudian untuk dosis vaksin, ada yang dari pemerintah ada juga yang kami beli secara mandiri. Untuk kali ini kami pakai vaksin Astrazeneca,” imbuhnya.

Menurutnya, antusiasme masyarakat untuk mengikuti vaksinasi ini juga cukup tinggi. Sebab, ada ratusan warga yang harus kembali lantaran kuotanya tidak mencukupi.

Tetapi, ada juga yang karena beberapa faktor kesehatan, warga yang sudah terdaftar tidak bisa divaksin. Namun, vaksin bisa dialihkan kepada warga lain.

Sementara Kepala Desa Dadirejo  Sukarjo mengaku sangat terbantu dengan adanya vaksinasi dari PDIP tersebut. Bahkan diakui pendaftar melebihi dari target yang ditentukan. Terlebih saat ini ada banyak warga yang belum vaksin, sehingga sangat membantu sekali.

“Dosis yang disediakan ada 500, tetapi yang daftar sampai 650 orang lebih. Ini suatu hal yang bagus, kesadaran masyarakat cukup tinggi. Karena itu, mereka berkenan untuk divaksin,” terangnya.

Hingga saat ini, warga Desa Dadirejo yang belum mendapatkan vaksin setidaknya ada sebanyak 300-an orang. Dirinya berharap, ada program vaksinasi masal di desa sehingga semua masyarakat dapat mengikuti vaksinasi tersebut.

 

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...