Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

INFO KAMPUS

Mahasiswa UMK Bikin Magical Pot Unik yang Bisa Bikin Pemiliknya Nyaman

Tim PKM  memperlihatkan magical pot yang berhasil mereka buat (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Tiga mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK)  berhasil membuat inovasi produk penghias ruangan magical pot yang memiliki tiga kegunaan. Produk ini mampu mengeluarkan aroma therapi yang bikin orang di sekitarnya nyaman.

Rasa nyaman dan tenang ini muncul dari aroma therapi yang dikeluarkan oleh pot yang terdiri dari tiga bagian tersebut.

Produk unik ini diciptakan oleh Idha Rachmawati mahasiswa Program Studi Akuntansi, Miftahul Jannah mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum, dan Ilham Fajar Sidqi mahasiswa Program Studi Argoteknologi.

Produk magical pot yang berhasil mereka buat itu juga lolos pembiayaan dalam program kreativitas mahasiswa (PKM) Kemendikbudristek yang berjudul  ‘Levitasi Batik Magnetic Media Hidrogel Dilengkapi Difuser Sebagai Inovasi Dekorasi Ruang’.

Ketua Tim PKM Idha Rachmawati mengatakan, ide pembuatan magical pot tersebut muncul setelah melalui sebuah riset di masa pandemi. Pandemi menuntut aktivitas masyarakat dibatasi dan lebih mengutamakan work from home (WFH).

Sehingga, perlengkapan dekorasi rumah unik menjadi salah satu yang dicari untuk menghilangkan rasa jenuh di rumah.

“Akhirnya kami membuat magical pot itu, meski sudah banyak produk serupa tapi yang kami buat memiliki tiga kegunaan,” katanya, Rabu (1/9/2021).

Ia menjelaskan magical pot itu terdiri dari tiga bagian kegunaan. Di bagian dasar tempat magnet dilengkapi dengan hiasan batik yang bertujuan untuk mengenalkan batik lebih luas dan membuat budaya bangsa bisa terus dilestarikan.

Kemudian bagian tengah juga terdapat tempat diffuser aroma terapi yang bisa mengubah cairan menjadi asap. Asap tersebut menimbulkan aroma terapi, apalagi magical pot tersebut bisa berputar sehingga memunculkan aroma harum bisa menyebar luas.

“Pot yang mengambang juga menjadi keunikan tersendiri,  dengan menggunakan magnetik modul atau levitasi magnetik,” jelasnya.

Baca: Mahasiswa UMK Ciptakan Canting Batik Elektrik, Tak Perlu Lagi Kompor untuk Cairkan Malam

Sementara bagian atas bisa digunakan untuk menanam tanaman hias, seperti sukulen hingga daun mint yang juga bisa bermanfaat menetralisir bau ruangan.

Produk itu, lanjut dia, dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Paket pot classic pertama dibandol dengan harga Rp 698 ribu dan paket pot classic kedua (ukuran lebih kecil, red) dibandrol dengan harga Rp 800 ribu.

“Paket pembelian itu sudah termasuk cairan aroma terapi dengan berbagai aroma,” ucapnya.

Hingga kini, sedikitnya sudah ada delapan buah magical pot yang sudah terjual, bahkan penjualanya pun hingga ke Jakarta.

“Target kami bukan hanya lolos Pekan Nasional Ilmiahnya (Pimnas) saja. Melainkan, terus berkembang dan melakukan penyempurnaan,” pungkasnya.

 

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...