Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Positif Covid, Ini Syarat Peserta Tes SKD CPNS Biar Tetap Dilayani

Ilustrasi tes CPNS. (Dok MURIANEWS)

MURIANEWS, Karanganyar – Para peserta tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Karanganyar yang terkonfirmasi positif Covid-19 dipastikan akan tetap dilayani.

Langkah itu dilakukan salah satu bentuk upaya untuk menjaga hak peserta mendapatkan perlakuan yang adil.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karanganyar, Suprapto, mengatakan kebijakan tersebut merupakan aturan dari pusat.

Namun, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lokasi ujian, panitia sudah merencanakan skema bagi peserta tes CPNS yang terkonfirmasi Covid-19.

Salah satunya peserta diwajibkan melaporkan kondisi kesehatannya maksimal sehari sebelum pelaksanaan ujian.

“Sesuai aturan yang diedarkan ke kami, peserta tetap bisa mengikuti ujian meskipun terkonfirmasi Covid-19. Mereka yang terkonfirmasi Covid-19 diwajibkan melaporkan ke kami terkait itu maksimal H-1. Setelah itu, akan kami rekomendasikan untuk mendapatkan penjadwalan ulang karena berhalangan hadir akibat terkonfirmasi Covid-19,” ungkap dia kepada Solopos.com, Rabu (1/9/2021).

Selain berdasarkan laporan, panitia tes CPNS juga akan melakukan skrining medis di lokasi ujian saat hari pelaksanaan. Peserta yang diketahui terkonfirmasi Covid-19 di lokasi ujian akan diisolasi di ruang khusus dan tetap bisa mengikuti ujian didampingi tenaga kesehatan.

Selain memberikan hak yang sama, langkah tersebut untuk mengantisipasi persebaran Covid-19 di lokasi ujian.

“Kami sudah menentukan lokasi ujian dan ruang khususnya. Selain prokes ketat, kalau ada yang positif dan dipindah ke klinik kemudian dokter mengatakan masih boleh ikut ujian kami persilakan. Intinya tetap kami layani sambil menjaga keamanan peserta ujian lainnya,” imbuh dia.

Terkait tes SKD, Suprapto menjelaskan, dijadwalkan ujian akan diselenggarakan selama dua hari pada Selasa dan Rabu (21-22/9/2021).

Nantinya panita CPNS Karanganyar akan melaksanakan ujian di Universitas Sebelas Maret Solo (UNS) sesuai rencana awal. Terkait penghapusan syarat membawa hasil uji antigen atau PCR, pihaknya masih belum menerima informasi lanjutan.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...