Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Geger! Warga Klaten Temukan Bangunan Diduga Terowongan Kuno

Warga di Klaten menemukan struktur bangunan diduga terowongan kuno, Rabu (1/9/2021). (Detik.com)

MURIANEWS, Klaten – Warga Klaten digegerkan dengan sebuah bangunan yang diduga terowongan kuno di Dusun Samber, Desa Sabrang Lor, Kecamatan Trucuk, Klaten. Hal itu mengacu pada besaran bata yang tak lazim pada umumnya.

Batu bata tersebut berukuran lebih besar sekitar sekitar 30×5 sentimeter. Sementara diameternya sekitar dua meter dengan posisi menyudut ke barat laut.

Fajar Ari Widodo warga Desa Sabrang Lor mengatakan, penemuan tersebut ditemukan saat warga menggali lokasi untuk membuat pemancingan.

“Ini mau dibuat pemancingan. Kemarin saya dapat informasi ada terowongan ini lalu saya cek dan lapor pak lurah,” katanya seperti dikutip Detik.com, Rabu (1/9/2021).

Ia menjelaskan, saat ditemukan struktur bangunan itu sudah tak memiliki mulut terowongan. Khawatir struktur diduga terowongan itu situs cagar budaya, warga langsung melapor ke pemerintah desa.

“Batu batanya keras karena kena backhoe saja tidak mudah pecah,” kata Ari. Menurut cerita bapak waktu masih kecil, ini sudah ada, padahal bapak umurnya 76-an tahun,” terang Ari.

Kades Sabrang Lor, Budi Andriyanto, menambahkan struktur bangunan diduga terowongan itu baru diketahui. Selama ini, ada pagar di atas permukaan tanah pada lokasi tersebut.

“Tidak ada yang tahu karena tertutup tanah. Belum pernah dicatat di desa karena di atas terowongan itu dulu ada pagar, jadi saat pagar dibongkar baru kelihatan,” papar Budi.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...