Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Larisnya Dagangan UMKM di Pasar Dadakan Janggalan Kudus

Santri di Desa Janggalan membeli pakaian yang dijual di stan Geldara. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Dagangan sejumlah usaha mikro kecil menengah (UMKM) di ‘Gelaran Dagangan Rakyat (Geldara)’ laku keras. Alhasil, banyak UMKM yang mendapatkan cuan cukup banyak di pasar UMKM dadakan yang digelar di balai Desa Janggalan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus itu.

Salah satunya yakni usaha konveksi Wulan Collection, yang juga berdagang di momen buka luwur Mbah Djenggolo itu.

Salah putri owner konveksi tersebut Wulan H Fitriani mengatakan, kondisi usaha konveksi milik ayahnya itu saat pandemi menurun drastis. Sebab, selama pandemi transaksi di sejumlah pasar pun sepi, hingga mengakibatkan banyak dagangan konveksi yang menumpuk di rumah.

“Ini bantu jualin, dagangan seperti rok, gamis, tunik, dan celana kulot agar laku terjual. Biasanya produk itu setor ke pasar tapi pandemi ini sangat sepi turun 50 persen,” katanya, Rabu (1/9/2021).

Menurutnya, adanya pasar UMKM dadakan di Desa Janggalan itu sangat membantu penjualan pakaian konveksinya. Bahkan, dalam kurun waktu satu jam setelah dibuka sudah ada 25 potong  pakaian yang laku terjual.

Alhamdulillah sangat terbantu dengan adanya Geldara di Janggalan ini. Karena bisa menambah pengahasilan dan mengurangi dagangan yang selama ini numpuk di rumah. Ini tadi kami jual dengan harga murah mulai Rp 35 ribu-Rp 60ribu,” jelasnya.

Baca: Buka Luwur, Balai Desa Janggalan Kudus Jadi Pasar UMKM Dadakan

Senada Ketua Jamiyah Manakib dan Nariyah Desa Janggalan Aslihah Mudofir juga menyebut, dagangan UMKM para jemaahnya laku keras di pasar dadakan tersebut. Mulai dari rengginang, krupuk ikan, kacang presto, krupuk bawang, tempe gembus, nasi jangkrik dan aneka botok.

“Sudah ada seratusan lebih yang terjual. Nasi jangkriknya ada 50 bungkus itu yang paling cepet habis,” ucapnya.

Diketahui, Pemerintah Desa Janggalan, Kabupaten Kudus menggelar pasar UMKM dadakan selama dua hari Rabu-Kamis (1-2/9/2021). Gelaran yang bertepatan dengan momen buka luwur Mbah Djenggolo itu, bertujuan untuk meningkatkan ekonomi UMKM sekitar di masa pandemi.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...