Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Mau Piknik ke Karimunjawa? Ini Syarat yang Harus Kamu Bawa

Suasana Karimunjawa yang sepi dari hiruk pikuk aktivitas pariwisata. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Pelan-pelan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara membuka objek wisata di Kepulauan Karimunjawa. Namun ada persyaratan yang wajib dipenuhi bagi setiap wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau terindah di Jepara itu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara Zamroni Leistiaza mengatakan, wisata Karimunjawa dibuka seiring dengan dibukanya seluruh objek wisata di daratan Jepara.

“Karimunjawa juga kita buka. Tapi pintu masuknya baru dari Jepara saja,” kata Zamroni, Rabu (1/9/2021).

Zamroni menegaskan, untuk bisa masuk ke Karimunjawa, calon wisatawan harus sudah divaksin Covid-19. Hal itu dibuktikan dengan kartu atau sertifikat vaksinasi Covid-19.

Selain itu, calon wisatawan juga harus membawa bukti surat hasil swab antigen dengan batas waktu maksimal 1 kali 24 jam sebelum keberangkatan.

“Selain dua syarat itu, untuk masuk tempat wisata, pengunjung harus menggunakan aplikasi Peduli Lindungi,” ujar Zamroni.

Baca: Hore! Wisata Sudah Dibuka, Bisa Piknik Lagi di Jepara

Sebelumnya, pemerintah menargetkan vaksinasi 70 persen dari jumlah seluruh penduduk kepulauan Karimunjawa sudah divaksin. Target warga yang divaksin sebanyak 8.624 ribu orang.

Kepala Puskesmas Karimunjawa Suhadi, menyebut warga yang sudah tervaksinasi dosis pertama sebanyak 4.728 orang. Sedangkan, yang tervaksin dosis kedua baru 2.185 orang.

Untuk memburu target yang sudah ditetapkan, pihaknya melakukan vaksinasi jemput bola. Pihaknya mendatangi pulau-pulau terpencil untuk menyuntikkan vaksin kepada warga.

“Kami akan terus genjot vaksinasi ini semaksimal mungkin. Sehingga bisa terbentuk herd immunity warga. Sehingga masyarakat bisa aktivitas lagi dengan normal,” tegas Suhadi.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...