Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ilaix Moriba Akhirnya Merapat ke RB Leipzig

Gagal dipertahankan, Ilaix Moriba dijual Barcelona. (facebook.com/IlaixMoribaOfficial)

MURIANEWS, Barcelona- Setelah sempat mengalami tarik-ulur dan tak menemui kesepakatan kontrak baru, Barcelona akhirnya menjual bintang muda mereka Ilaix Moriba. Pemain berusia 18 tahun ini akhirnya ‘diserahkan’ ke RB Leipzig, Jerman.

Masa depan Moriba sempat menjadi pembicaraan, setelah nogosiasi Barcelona selalu tak menemui jalan keluar. Ilaix Moriba sebenarnya masih ingin dipertahankan Barca, namun kekuatan financial mereka tidak bisa memenuhi keinginan si pemain.

Moriba yang merupakan pemain didikan La Masia Barcelona, dianggap sebagai salah satu wonderkid potensial di masa depan. Namun sekali lagi, Barcelona harus memutuskan untuk menjualnya, untuk memperbaiki neraca keuangan mereka musim ini.

RB Leipzig akhirnya sepakat membeli Moriba di hari terakhir bursa transfer musim panasi ini. Gelandang berusia 18 tahun mereka beli dengan harga 16 juta euro di muka. Diluar itu RB Leipzig juga sepakat akan memberi rambahan 6 juta euro sebagai bonus.

Barcelona dalam transaksi Moriba ini juga mensyaratkan tambahan 10% dari nilai transfer Moriba, jika RB Leipzig menjualnya di masa depan. Sebenarnya, Moriba masih menyisakan kontrak dengan Barca sampai 2022. Namun kegagalan pembaharuan kontrak memaksa Barcelona menjualnya.

Bersama RB Leipzig, Ilaix Moriba dikontrak selama lima tahun hingga 2026 mendatang. Kedatangannya di Leipzig diproyeksikan mengganti peran Marcel Sabitzer. Mantan kapten tim Leipzig ini dipastikan akan bergabung dengan Bayern Munich, mulai awal pekan nanti.

Moriba sendiri, meski masih berusia 18 tahun faktanya sudah menjalani debut bersama Barcelona di tim senior. Catatannya bersama tim senior Barcelona dimulai pada Februari lalu, dengan satu gol dan tiga assist di 18 pertandingan.

“Kami telah mendapatkan bakat luar biasa di Ilaix Moriba. Kami sangat bangga bahwa dia telah memilih RB Leipzig, meskipun banyak tawaran dari beberapa klub top di Eropa, dan bahwa kami dapat dengan cepat meyakinkannya tentang filosofi kami,” kata Direktur Komersial Olahraga Leipzig, Florian Scholz.

Musim ini, RB Leipzig telah menghabiskan lebih dari 100 juta euro untuk pertama kalinya dalam sejarah klub. Secara keseluruhan, mereka mengeluarkan 108 juta euro untuk pembelian pemain.

Namun dalam hal ini, mereka tampaknya masih mendapatkan keuntungan. Sebab dari penjual pemain mereka mendapatkan 112 juta euro. Selain itu juga ada bonus 15 juta euro yang mereka terima setelah melepas pelatih mereka, Julian Nagelsmann ke Bayern Munich.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: transfermark

Comments
Loading...