Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hore! Wisata Sudah Dibuka, Bisa Piknik Lagi di Jepara

Wisata hutan mangrove di deretan Pantai Blebak Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara telah resmi membuka semua objek wisata. Namun, pembukaan itu tidak serta merta tanpa pembatasan-pembatasan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Zamroni Leistiaza mengatakan, objek wisata dibuka sejak Sabtu (28/8/2021) lalu. Tidak hanya yang dimiliki pemerintah daerah, seluruh objek yang dikelola swasta atau desa juga diizinkan buka lagi.

“Sudah kita buka sejak Sabtu kemarin. Tapi ya, tetap terbatas,” kata Zamroni, Rabu (1/9/2021).

Pembatasan itu, lanjut Zamroni, seperti jumlah pengunjung maksimal 25 persen dari kapasitas tempat wisata. Selain itu, kerumunan-kerumunan juga harus dibatasi.

Di Kepulauan Karimunjawa, pemerintah juga telah membuka seluruh objek wisata di sana. Termasuk Balai Taman Nasional (BTN).

Zamroni menyampaikan, akses masuk ke Kepulauan Karimunjawa sampai saat ini masih satu pintu. Yakni hanya di Pelabuhan Kartini Jepara. Sementara, akses dari Semarang masih belum dibuka.

“Di Karimunjawa juga sudah menyesuaikan untuk pembukaan tempat wisatanya. Tapi perjalanannya masih dari Jepara saja. Yang dari Semarang belum diizinkan gubernur Jawa Tengah,” jelas Zamroni.

Baca: Digebuk Pandemi, Warga Karimunjawa Terpaksa Jual Motor dan Kembali Geluti Profesi Lama

Diketahui, sejak pandemi Covid-19 menggebuk Jepara, semua objek wisata tutup total. Para pelaku pariwisata seolah mati suri. Mereka tak memiliki pendapatan.

Kondisi lebih parah dirasakan pelaku wisata di Karimunjawa. Mereka bahkan sampai menjual aset hanya supaya bisa makan. Sebab, tak ada wisatawan yang masuk ke sana.

 

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...