Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kasus KSP GMG Mencuat, Bupati Kudus ’Pelototi’ Koperasi Nekat Buka Deposito

Bupati Kudus HM Hartopo. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Usai mencuatnya kasus pengelolaan dana deposito di KSP Giri Muria Group (GMG), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus melakukan pengawasan ketat pada ratusan koperasi yang beroperasi di kabupaten ini.

Koperasi yang masih nekat membuka layanan deposito akan ditindak tegas. Bupati Kudus HM Hartopo memastikan tak akan ragu merekomendasikan penutupan koperasi jika pelanggaran terus berulang.

“Tentunya akan kami awasi dan peringatkan dulu. Atau jika tidak kami rekomendasikan ke Kementerian Koperasi dan UKM untuk dilakukan penutupan,” katanya, Selasa (31/8/2021).

Menurut dia, koperasi seharusnya tidak diperbolehkan mengeluarkan produk deposito.  Sebab koperasi tidak di bawah pengawasan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

“Lha tidak ada LPS kok buka deposito. Semua koperasi-koperasi di Kudus tidak boleh ada deposito,” tegasnya.

Pihaknya juga telah meminta Dinas Tenaga Kerja, Perindustian, Koperasi dan UKM (Disnaker Perinkop UKM) Kudus untuk melakukan pengawasan yang lebih ketat, terkait rasio perbandingan aset, dana simpanan dan dana yang digunakan untuk debitur.

“Rasio itu penting. Tabungan atau simpanan boleh tapi harus terbatas,  misal asetnya Rp 100 juta itu dan simpanan nasabah itu 50 persennya, jangan diterima semua. Karena saat debitur kondisinya macet akan sulit mengembalikan, jadi memang harus diaudit,” imbuhnya.

Baca: Polemik Dana Nasabah di KSP GMG, Pemilik Akhirnya Buka Suara

Masyarakat juga diimbau untuk tidak tergiur dengan iming-imingan bunga yang cukup besar dengan melakukan deposito di koperasi.

“Karena tidak ada LPS (di koperasi, red). Jadi jangan mau kalau diiming-imingi bunga besar,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah nasabah melaporkan KSP GMG ke polisi, lantaran pengelolaan dana deposito yang bermasalah. Kerugian para nasabah di koperasi simpan pinjam ini ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Pemilik KSP GMG Alfi Hidayat menyatakan akan mengembalaikan dana deposito nasabah secara bertahap. Ini dinyatakannya setelah dilakukan mediasi oleh Pemkab Kudus, Senin (30/8/2021).

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...