Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dinkes Karangayar: Angka 54 Kematian Covid-19 dalam Sehari karena Data Delay

Tim Pemakaman Jenazah Covid-19usai melakukan penguburan jenazah di salah satu pemakaman, belum lama ini. (Dok MURIANEWS)

MURIANEWS, Karanganyar – Unggahan kasus Covid-19 di Karanganyar yang diunggah Dinkes Karanganyar di akun @dinkeskaranganyar yang menyebutkan kasus kematian covid mencapai 54 kasus akhirnya terjawab.

Kepala Dinkes Kabupaten Karanganyar, Purwati menjelaskan data tersebut merupakan data delay dari hari-hari sebelumnya.

“Ya itu yang angka kasus yang kemarin-kemarin itu. Yang murni [Senin] 12 kasus. Jadi yang 42 kasus itu data kasus lama yang delay [proses input data tertunda],” kata Purwati seperti dikutip Solopos.com, Selasa (31/8/2021).

Baca: Kasus Kematian Covid Capai 54 Orang Sehari, Unggahan Dinkes Karanganyar di Instagram Bikin Geger

Purwati menjelaskan maksud dari delay yang dia sampaikan perihal memasukkan data kasus kematian. Dia menyampaikan pihak rumah sakit yang menangani kasus kematian Covid-19 baru memasukkan data.

“Yang rumah sakit baru input. Jadi baru kami rilis. Sebetulnya sudah kemarin-kemarin, tapi sudah lama meninggalnya. Udah kasus lama cuma baru diinput dari rumah sakit. Yang riil kemarin [Senin] cuma 12 kasus saja,” tutur dia.

Purwati mengungkapkan 54 kasus meninggal itu terkonfirmasi positif Covid-19. Kasus kematian didominasi warga lanjut usia atau lansia. Rata-rata mereka memiliki penyakit pernyerta.

Baca: 500 Ibu Hamil di Karanganyar Positif Covid-19 Selama Pandemi, Dinkes Kampanyekan Tunda Kehamilan

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menyatakan perihal perbaikan data kasus Covid-19 di Jateng. Ganjar secara gamblang menyebut pemerintah perlu melakukan perbaikan data penanganan kasus Covid-19.

“Iya [memperbaiki data]. Kami terus berproses,” tutur dia, baru-baru ini.

Pada akun Instagram @dinkeskaranganyar tertulis total kasus aktif positif Covid-19 di Karanganyar hingga Senin sebanyak 500 kasus. Pada kolom positif Covid-19 hari Senin tertulis 60 kasus. Tetapi di bagian bawahnya tertulis kasus delay 22 kasus. Selain itu tercatat 52 kasus sembuh pada Senin.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...