Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pelatihan Marketplace di Kudus Hanya untuk Keluarga Buruh Rokok, Ini Sebabnya

Ilustrasi. (Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Kudus akan menggelar pelatihan marketplace bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Namun pelatihan ini rencananya, pelatihan ini khusus hanya untuk keluarga buruh pabrik rokok saja.

Pelaksanaan pelatihan marketplace itu direncanakan digelar pada pekan keempat September 2021 mendatang.

Kepala Disnaker Perinkop dan UKM Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati menyebut, pelatihan ini memang dikhususkan untuk keluarga pabrik rokok lantaran menggunakan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Dana yang digunakan dalam pelatihan ini sebesar Rp 1,1 miliar.

“Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 206/PMK.07/2020, DBHCHT diperuntukkan untuk pelatihan dengan sasaran buruh pabrik rokok,” katanya, Selasa (31/8/2021).

Rini melanjutkan, saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kudus untuk melakukan rekrutmen peserta pelatihan.

Peserta pelatihan nantinya tak harus yang sudah memiliki UMKM. Yang tengah berencana membangun usaha juga dipersilahkan.

Kuotanya ada 20 peserta. Mereka nantinya akan diberi pelatihan mengenai packaging hingga mempromosikan produk.

Sejauh ini Disnaker Perinkop dan UKM Kudus dan SPSI Kudus masih melakukan pendataan. Pihaknya juga akan menyeleksi administrasi peserta terkait kebenarannya dari buruh rokok atau tidak.

“Persyaratannya menggunakan fotocopy KTP, KK, surat keterangan desa yang menunjukkan kebenaran bahwa peserta merupakan keluarga buruh rokok,” jelas Rini.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...