Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Menkes: Begitu Turun, Jangan Grusa-Grusu dan Mengendorkan Semuanya

Menkes Budi Gunadi Sadikin (YouTube/Sekretariat Presiden)

MURIANEWS, Jakarta – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan masyarakat untuk tetap ingat dan waspada serta jangan tergesa-gesa dalam menyikapi penurunan kasus Covid-19. Dia juga mengingatkan beberapa negara yang sudah melakukan vaksinasi lebih dari 60 persen penduduknya justru mengalami peningkatan kasus.

“Di negara-negara lain di dunia, varian Delta ini menyebabkan kenaikan yang cukup tinggi, baik dari kasus konfirmasi maupun perawatan dan kematian. Meskipun di negara dengan covered vaksinasinya yang mendekati 50 persen bahkan di atasnya,” katanya dalam konfrensi pers secara virtual, Senin (30/8/2021).

Menurutnya itu merupakan sebuah pesan agar hati-hati dan waspada dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Budi juga mengungkapkan terjadinya lonjakan pada Januari 2021 dan Juli 2021. Menurutnya, dua lonjakan kasus itu disebabkan terjadinya peningkatan mobilitas yang luar biasa.

“Karena peningkatan mobilitas yang luar biasa ini selalu diikuti kenaikan kasus pada seminggu sampai dua minggu sesudahnya dan sampai pada puncaknya dalam empat sampai delapan minggu. Pelajarab di sini adalah, kita harus eling langsung waspada, begitu turun, jangan grusa-grusu, kemudian mengendorkan semuanya. Akibatnya, naik lagi mobilitasnya dan kita alami lagi kenaikan lonjakan gelombang berikutnya. Jadi ini pesan kedua yang mesti disadari,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta semua pihak harus tetap berhati-hati. Di mana, meski perkembangan Covid-19 di Indonesia mulai membaik, namun beberapa negara justru mengalami kenaikan.

“Kita semua harus berhati-hati, sekali lagi harus tetap berhati-hati dalam menyikapi tren ini,” ujarnya dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (30/8/2021).

Penyataan itu bukan tanpa dasar. Menurut Jokowi, melihat perkembangan situasi Covid-19 di berbagai negara justru mengalami peningkatan. Bahkan, beberapa negara yang penduduknya sudah divaksin lebih dari 60 persen saat ini masih mengalami lonjakan kasus Covid-19.

“Kita harus memperlajari perkembangan situasi Covid-19 di berbagai negara dan terus mengambil pelajaran penting darinya. Beberapa negara yang penduduknya sudah divaksin lebih dari 60 persen ternyata saat ini masih mengalami lonjakan covid-19 lagi,” ujarnya.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...