Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Soal Tukar Guling Lahan PT Dewa Citra, DPRD Kudus Tawarkan Solusi Sewa

Saluran irigrasi pengganti yang dibuat PT Dewa Citra Sejati di Desa Gondoharum, Kecamatan Jekulo, Kudus, Senin (30/8/2021). (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Tiga Wakil Ketua DPRD Kudus Ilwani, Sulistyo Utomo, dan Tri Erna Sulistyawati melaksanakan sidak di PT Dewa Citra Sejati di Desa Gondoharum, Kecamatan Jekulo, Kudus, Senin (30/8/2021).

Perusahaan tersebut dilaporkan masyarakat terkait pengurukan saluran irigasi selebar dua meteran, dengan panjang sekitar 100-an meter yang melintasi kawasan pabrik dan membelokkannya ke arah barat persis di depan pabrik.

Saluran tersebut, sejatinya milik Pemprov Jawa Tengah. Namun prosesnya kini telah diserahkan Pemkab Kudus dan tengah memasuki persetujuan tukar giling saluran tersebut antara perusahaan dan pemerintah.

Walau demikian, Wakil Ketua DPRD Kudus Sulistyo Utomo menilai itu akan sulit dilakukan. Jalan terbaik saat ini yang bisa diambil adalah dengan sewa atau harmonisasi lahan.

Mengingat lahan yang hendak ditukar justru sudah dibangun dan telah berdiri bangunannya.

“Saat ini solusi terbaiknya adalah dengan jalan harmonisasi atau menyewa lahan yang terdapat saluran irigasi tersebut, karena sejauh ini memang belum ada payung hukum jika harus dilakukan tukar guling,” kata dia.

Baca: Pabrik di Kudus Ini Didatangi Pimpinan Dewan Usai Nguruk Irigasi

General Affair PT Dewa Citra Sejati Meiki Tentua berharap adanya jalan keluar sesegera mungkin. Mengingat pihaknya telah mengurus prosesnya sejak 2018 lalu. Termasuk sudah menjalankan aturan secara normatif.

Untuk usulan sewa sendiri, pihaknya pernah berunding dengan Dinas PUPR dan Perizinan. Namun menurut keterangannya pihak PUPR terlalu berat dalam menanggung biaya perawatan saluran irigasi yang saat ini sudah berada di bawah bangunan perusahaan itu.

“Saat itu pemilik perusahaan memang lebih memilih opsi tukar guling. Kini tinggal persetujuan itu saja yang kami harapkan, kami tidak memilih opsi sewa karena pemiliknya sudah berusia tua, termasuk jajaran manajemennya,” jelas dia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...