Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

2.539 Sekolah di Jateng Hari Ini Buka Pembelajaran Tatap Muka, Ganjar Ingatkan ’5 Siap’

Pembelajaran tatap muka di SMPN 13 Semarang. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah mencatat, Senin (30/8/2021) hari ini ada 2.539 sekolah yang mulai menggelar pembelajaran tatap muka (PTM). Ribuan sekolah itu mulai dari jenang PAUD, SD hingga SMA/sederajat dan sekolah luar biasa.

Dalam pelaksanaan PTM terbatas itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali mengingatkan tentang pentingnya ’5 Siap’. Yakni Siap sekolahnya, Siap gurunya, Siap siswanya, Siap orang tuanya dan Siap daerahnya.

“Jadi siap-siap ini penting untuk mereka, nah setelah itu baru silakan melaksanakan (PTM). Per hari ini sudah kita mulai PTM,” katanya.

Ganjar mengatakan, pihaknya akan terus memantau pelaksanaan PTM. Seperti pagi tadi, ia menengok pelaksanaan PTM di SMPN 13 Kota Semarang.

SOP penerapan protokol kesehatan dinilai sudah bagus namun dirinya mendapati ada siswa yang berangkat naik ojek online (ojol).

“Satu-dua saya tanya ternyata masih ada yang naik ojol. Sebaiknya diantar orang tua dan pulangnya juga mesti dijemput oleh orang tuanya, sehingga memastikan mereka beres,” ujarnya.

Baca: Gubernur Ganjar Sidak PTM di Kota Semarang, Ini Temuannya

Tak hanya itu, Ganjar juga mengapresiasi penerapan sistem bagi waktu di SMPN 13 Semarang. Yakni dengan melaksanakan PTM untuk 50 persen siswa, dibagi waktu pembelajaran setiap level kelasnya.

“Cara membagi waktunya juga bagus 50 persen per level kelas, jadi kelas 7 bareng-bareng nanti selesai dia pulang terus kemudian kelas 8 setelah itu kelas 9. Jadi ini urut-urutannya bisa disampaikan. Nah kalau kita melihat dari proses ini, harapan kita ya mudah-mudahan mulai berjalan dengan kebiasaan-kebiasaan baru,” pungkasnya.

Dari catatan Dinas Pendidikan Provinsi Jateng ribuan sekolah yang menggelar PTM hari ini terdiri dari 2.401 pendidikan dasar yakni PAUD, SD dan SMP.

Kemudian terdapar empat SLB yang melaksanakan simulasi PTM di Purbalingga, Jepara dan Demak. Sementara jenjang SMK total 67 sekolah dengan rincian 15 sekolah melaksanakan simulasi PTM dan 52 lainnya PTM terbatas tersebar di 19 kabupaten/kota.

Jumlah yang sama juga untuk jenjang SMA yakni sebanyak 67 sekolah. Rinciannya, 22 sekolah melaksanakan simulasi PTM dan 45 sekolah melaksanakan PTM terbatas.

 

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...