Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kandang Sapi di Kedalingan Pati Terbakar, Satu Orang Luka

Petugas mencoba memadamkan kobaran api di Kedalingan, Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Sebuah kandang sapi dan gudang jerami milik Sujono warga Desa Kedalingan RT 01 RW 02 Kecamatan Tambakromo, Pati, ludes terbakar. Dalam peristiwa ini Sujono juga terkena api, beruntung ia hanya mengalami luka bakar ringan.

Sementara, seekor sapi dan rumah utama yang berdekatan dengan kandang tersebut, berhasil diselamatkan.

Kasatpol PP Pati Sugiyono mengatakan, awalnya pihaknya mendapatkan laporan sekitar pukul 00.30 WIB malam tadi. Kemudian dua unit mobil damkar dikerahkan untuk menuju lokasi. Namun, sampai di lokasi rupanya api sudah membesar.

“Kami melokalisir api yang ada di kandang agar tidak merembet ke rumah utama. Alhamdulillah, pukul 01.40 WIB, api sudah berhasil kami lokalisir,” katanya, Senin (30/8/2021).

Dia menyebut, dalam musibah tersebut, terdapat korban yang mengalami luka bakar ringan di bagian tangan, yakni pemilik kandang sendiri.

Mulanya, pada saat kebakaran itu, pemilik kandang hendak mengeluarkan sapi yang ada di dalam, agar tidak ikut terbakar.

Namun, sebelum sapi sampai dikeluarkan, rupanya api semakin membesar dan merembet hingga ke jerami. Meskipun demikian, korban tetap menyelamatkan sapi hingga sapinya bisa dikeluarkan.

“Luka bakar ringan bagian tangan. Tidak ada korban jiwa. Sapi korban juga berhasil diselamatkan oleh pemiliknya sendiri,” ujarnya.

Setelah sapi berhasil keluar dari kandang, korban bersama dengan warga lainnya mencoba memadamkan kobaran api dengan menggunakan peralatan seadanya.

Hanya saja, karena api sudah membakar jerami yang ada di dalam, kobarannya pun semakin besar. Sehingga warga kewalahan untuk memadamkan api.

“Cukup lama kami memadamkan. Karena ada tumpukan jerami yang begitu banyak. Tetapi api berhasil kami lokalisir sehingga tidak merembet ke rumah,” terangnya.

Atas musibah itu, korban diperkirakan mengalami kerugian hingga Rp 30 juta.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...