Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Polemik Dana Nasabah di KSP GMG, Pemilik Akhirnya Buka Suara

Alfi Hidayat Pemilik KSP GMG. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Pemilik Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Giri Muria Group (GMG) Alfi Hidayat akhirnya buka suara, setelah beberapa lama terjadi polemik terkait pengelolaan dana nasabah.

Alfi Hidayat memastikan akan mengembalikan seluruh dana nasabahnya, meski secara bertahap. Penyataan ini disampaikannya usai mengikuti audiensi dengan nasabah di pendapa Kabupaten Kudus, Senin (30/8/2021).

Ia mengatakan, ia akan kembali membuka ketiga kantornya di Cendono, Barongan, dan Jekulo pada 6 September 2021.

“Kami sedang berupaya keras agar koperasi ini buka kembali. Tidak ada niatan pengelola untuk menghindar atau melarikan dana nasabah. Jumlah nasabah kami cukup banyak,” katanya.

Ia menjelaskan, permasalahan tersebut muncul lantaran pihaknya terdampak pandemi Covid-19. Sejumlah debitur di koperasinya yang mayoritas pelaku wisata disebut nunggak atau kredit macet.

Meski demikian, pihaknya tidak menyebut secara pasti berapa jumlah uang debitur yang masih nunggak itu.

“Kami sudah tutup enam bulan, kredit macet di sektor pariwisata memang sangat memukul kami. Karena sentra kami cukup besar di wisata,” ucapnya.

Ia menyebut, akan menyelesaikan permasalahan dana nasabah secara keseluruhan tanpa pandang bulu.

Baca: Nasabah KSP GMG Datangi Pendapa Kudus, Pengembalian Dana Akan Dicicil

Hanya saja, penyelesaian tersebut akan dilakukan secara bertahap, dan targetnya seluruh dana nasabah akan sudah dikembalikan dalam jangka satu tahun.

“Kami akan menyelesaikan semua (dana nasabah, red) tidak hanya satu dua. Jadi tiga bulan pertama melayani pembiayaan dan kredit dulu, agar kantor normal. Setelah itu, baru simpanan kami bereskan bertahap yang di bawah seratus sampai di atas seratus juta. Target kami tahun 2022 dana nasabah sudah kami kembalikan semua,” ujarnya.

Pihaknya juga akan menyiapkan informasi jadwal untuk melakukan pelayanan di koperasi tersebut. Sehingga, tidak ada kerumunan lagi yang akan terjadi.

Diberitakan sebelumnya, Pemkab Kudus memfasilitasi KSP GMG untuk melakukan audiensi dengan nasabahnya di pendapa kabupaten. Audiensi tersebut lantaran pihak KSP GMG beriktikad baik menyelesaikan persoalan dana nasabah yang nilai pokoknya mencapai Rp 35 miliar.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...