Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Nasabah KSP GMG Datangi Pendapa Kudus, Pengembalian Dana Akan Dicicil Mulai September

Sejumlah nasabah KSP GMG Kudus mengikuti audiensi di pendapa Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Polemik Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Giri Muria Group (GMG) yang diduga bermasalah dalam pengelolaan dana nasabah yang nilainya mencapai puluhan miliar belum masih berlanjut.

Puluhan nasabah koperasi tersebut, juga mendatangi pendapa Kabupaten Kudus, Senin (30/8/2021). Mereka dipetemukan dengan KSP GMG oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus. Para nasabah menuntut kejelasan tentang pengembalian dana nasabah.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan UKM (Disnaker Perinkop UKM) Kabupaten Kudus Rini Kartika Hadi mengatakan, pemilik KSP GMG telah beriktikad baik dan menyatakan akan bertanggung jawab dengan dana nasabah tersebut.

“Pak Alfi Hidayat (Pemilik KSP GMG) datang sendiri. Dia sudah memiliki iktikad baik, Jumat lalu datang ke dinas,  dan mau menyelesaikan permasalahan dana nasabah itu. Akhirnya kami fasilitasi dan undang untuk audiensi di pendapa,” katanya.

Ia menjelaskan, pemilik KSP GMG  tersebut tengah berkomitmen untuk mengembalikan dana nasabah. Hanya saja, pengembalian dana nasabah tersebut akan dilakukan secara bertahap mulai awal September 2021.

“Yang utang (kredit) ditarik terlebih dahulu. Nanti baru melayani yang penarikan uang nasabah. Keseluruhan dana dari nasabah itu Rp 35 miliar, tapi asetnya itu sekitar Rp 100 miliar,” ucapnya.

Baca: Soal Koperasi GMG Kudus, Kerugian Nasabah Ditaksir Capai Puluhan Miliar

Pengembalian dana nasabah tersebut, lanjut dia, akan didahulukan untuk yang nominal kecil, yakni di angka maksimal dengan nominal sebesar Rp 50 juta. Sementara untuk dana nasabah yang nominal besar akan diberikan setelahnya.

“Akan ada pembenahan di manajemen internal koperasi, ketika nanti sudah mulai berjalan baru yang nominal besar. Ini tanpa mikir berbunga pengembalianya. Targetnya itu dalam waktu satu tahun semua selesai,” imbuhnya.

Pihaknya juga akan melakukan pengawalan dengan membentuk tim khusus untuk memantau pengembalian dana nasabah tersebut benar-benar berjalan.

“Pesan dari Pak Bupati memang harus dibentuk tim khusus untuk memantau,” ucapnya.

Baca: Soal KSP GMG, Kepala Disnaker Kudus Sampai Dua Kali Dimintai Keterangan Polisi

Sementara salah seorang nasabah Noviyanti (38) mengaku, mengharapkan setelah adanya audiensi tersebut uang deposito nya bisa segera dikembalikan. Apalagi sudah satu tahun lamanya pihaknya menunggu, namun tak kunjung cair.

“Satu keluarga (empat orang) itu Rp 1,3 miliar. Kalau saya sendiri itu tabungan dan deposito sekitar Rp 200 juta. Ini ke sini (pendapa, red) pengen ketemu Pak Alfi minta kejelasan dan siapa tahu setelah mediasi mau mengembalikan uang nasabah,” pungkasnya.

 

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...