Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sekolah di Kudus Mulai Dibuka, Cuan Pedagang Seragam Kembali Ramai

Pedagang seragam di Pasar Kliwon, Kudus, melayani pembeli. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di Kabupaten Kudus digelar serentak mulai digelar). Hal ini menjadi berkah bagi pedagang seragam sekolah di Kota Kretek.

Pengamatan MURIANEWS di Pasar Kliwon, Kudus pada Senin (30/8/2021) beberapa pedagang seragam sekolah tampak ramai. Mereka kebanjiran order seragam. Mayoritas seragam yang laris merupakan seragam SD.

Salah seorang pedagang seragam sekolah di Pasar Kliwon, Miftahul Huda mengakui dagangan seragam di kiosnya laris manis sejak sepekan terakhir.

“Paling banyak pembeli seragam SD karena rata-rata sudah tidak muat dipakai. Soalnya sekolah kan berhenti karena pandemi hampir dua tahun,” katanya.

Saat ini, dalam sehari dia mampu menjual 50 setel seragam SD. Jumlah itu meningkat pesat jika dibandingkan saat pandemi Covid-19 merebak, yakni hanya lima setel seragam.

Baca: Gubernur Jateng Izinkan PTM Digelar Mulai 30 Agustus, Khusus untuk Daerah-Daerah Ini

Ditanya soal harga tiap-tiap seragam, Huda menyampaikan beragam varian harga. Untuk harga seragam SD berkisar antara Rp 55 ribu hingga Rp 75 ribu.

Sedangkan untuk harga seragam SMP per setel berkisar Rp 75 ribu hingga Rp 90 ribu. Harga yang sama juga berlaku untuk setelan seragam SMA.

“Sehari saat ini bisa mendapatkan penghasilan kotor Rp 2 juta. Pembelinya dari beberapa daerah seperti Kudus, Jepara, Purwodadi, dan Blora,” terangnya.

Baca: Sekolah Tatap Muka di Kudus Akan Kembali Disetop Jika Kasus Covid Tembus Seratus

Salah seorang pembeli, Siti Rofiah mengaku membeli seragam baru lantaran ukuran tubuh anaknya sudah berbeda jika dibandingkan dua tahun silam. Bahkan dia harus mencari ukuran seragam jumbo.

“Ini lagi nyari seragam buat anak saya. Nyari yang ukuran jumbo karena badan anak saya besar,” ujarnya.

Siti melanjutkan, dia mencari seragam SD putih dan seragam cokelat pramuka. Seragam tersebut diperuntukkan bagi anaknya yang bersekolah di kelas tiga SD 1 Cendono, Dawe, Kudus.

“Tentunya senang bisa sekolah lagi. Dan semoga bisa tetap protokol kesehatan,” imbuhnya.

 

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...