Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kudus Genjot Vaksinasi di Sekolah, Seribuan Siswa Disuntik Hari Ini

Sejumlah siswi SMPN 1 Kudus tengah menjalani vaksinasi Covid-19. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus mulai menggelar vaksinasi remaja usia 12-17 tahun untuk pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Senin (29/8/2021). Pelaksanaannya pun difokuskan di masing-masing sekolah.

Bupati Kudus HM Hartopo menyatakan, progam vaksinasi pada remaja akan digenjot terus mengingat PTM kini telah dilangsungkan.

“Kami genjot terus untuk vaksinasi ini supaya anak punya kekebalan lebih saat pelaksanaan PTM,” katanya saat menjnjau vaksinasi di SMP 1 Kudus.

Hartopo pun mendukung pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan di masing-masing sekolah. Sehingga pemantauan akan protokol kesehatannya bisa semakin diperketat.

“Di setiap sekolah malah tidak apa-apa. Artinya bisa menghindari kerumunan, ini pun nanti akan berkelanjutan,” jelas dia.

Baca: Gelar PTM, Sekolah di Kudus Wajib Punya Satgas Covid

Sementara (Kasi) Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Aniq Fuad menyebutkan, untuk hari ini ada sekitar seribuan lebih siswa yang menjalani vaksinasi di sejumlah sekolah.

“Di antaranya ada di SMP 1 Kudus dan SMP 2 Jati,” kata dia.

DKK sendiri akan mengebut vaksinasi remaja usia 12-17 tahun di Kota Kretek menyusul diberlangsungkannya PTM di Kudus.

Hanya, karena keterbatasan stok vaksin, pemkab memutuskan untuk memfokuskan pada siswa yang duduk di kelas sembilan sekolah menengah pertama dan kelas 12 sekolah menengah atas.

“Akan kami lakukan secara bertahap untuk kelas sembilan dan 12 karena kami juga harus menyesuaikan dengan stok vaksin kami,” jelas dia.

Baca: Sekolah Tatap Muka di Kudus Akan Kembali Disetop Jika Kasus Covid Tembus Seratus

Kepala SMPN 1 Kudus Ahadi Setiawan mengatakan, dalam Instruksi Menteri Pendidikan memang tidak mewajibkan siswa harus menjalani vaksinasi dahulu baru bisa menjalankan PTM.

Namun, Ahadi mengatakan tidak ada salahnya jika siswa dimodali vaksinasi Covid-19 saat akan menjalani PTM.
“Supaya anak ini bisa terbentuk antibodinya Sehingga ketika nanti terjadi hal yang tak diinginkan tidak terlalu parah,” ujarnya.

Ahadi menambahkan, di SMPN 1 Kudus sendiri terdapat sebanyak 780 siswa. Untuk siswa yang divaksin hari ini, sebanyak 266 orang yang merupakan siswa kelas XI.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...