Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hutan Pinus di Lokasi Wisata Jehan Jepara Terbakar

Kebakaran di hutan pinus Jehan Jepara. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara – Si jago merah mengamuk di hutan pinus kawasan wisata Jehan, Desa Kunir, Kecamatan Keling, , Sabtu (28/8/2021). Luas lahan yang terbakar sekitar satu hektare area.

Carik Desa Kunir, Mu’in, mengatakan kebakaran tersebut diperkirakan terjadi sejak siang tadi. Tetapi, baru diketahui salah seorang petani sekitar pukul 17.00 WIB.

“Diperkirakan karena puntung rokok wisatawan tadi siang. Wong, sudah meluas hampir satu hektare. Jam lima tadi petani lihat dari sawah, ada asap sudah membumbung,” kata Mu’in yang rumahnya berada persis di depan hutan pinus itu.

Diketahui, hutan pinus tersebut memang menjadi lokasi wisata bernama gardu pandang. Muin mengaku sudah ada banyak wisatawan yang berkunjung ke gardu pandang.

Ia mengatakan, banyaknya daun dan ranting pohon yang kering mengakibatkan api dengan cepat merembet. Kondisi itu diperparah dengan besarnya angin siang tadi.

Ketika mengetahui adanya kebakaran itu, kemudian warga langsung memadamkan api dengan alat seadanya.

Tidak ada bantuan pemadam kebakaran yang datang. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

“Warga memadamkan api dengan daun-daun dan alat seadanya. Pukul 18.30 WIB tadi api baru bisa dikendalikan dan padam,” terang Muin.

 

Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...