Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Temuan Benda Purbakala Kian Banyak, Banjarejo Grobogan Bangun Museum Mandiri

Inilah fosil gading gajah purba di Dusun Barak, Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Dalam waktu dekat, Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Grobogan akan memiliki museum mandiri yang dibangun dengan Dana Desa. Saat ini, proses pembangunan museum masih berlangsung dan progresnya sudah mencapai 90 persen.

Kepala Desa Banjarejo Ahmad Taufik mengungkapkan, pembangunan museum itu dilakukan dengan beberapa pertimbangan.

Antara lain, makin banyaknya koleksi dari temuan benda bersejarah maupun purbakala yang saat ini jumlahnya sudah mencapai ribuan. Selain itu, faktor keamanan dan keselamatan benda bersejarah itu juga jadi pertimbangan untuk mendirikan museum yang ditempatkan di kompleks balai desa tersebut.

“Selama ini, benda temuan masih tersimpan di rumah saya. Saat ini, jumlahnya sudah makin banyak. Jadi, sudah perlu tempat khusus untuk menyimpannya,” katanya.

Desa Banjarejo membangun sebuah museum mandiri untuk menyimpan temuan bersejarah. (MURIANEWS/Dani Agus)

Taufik menjelaskan, pembangunan museum tersebut menghabiskan anggaran Rp 150 juta. Pada tahun ini, baru dianggarkan untuk pembangunan gedungnya saja.

Pada tahun 2022 akan dilanjutkan dengan melengkapi desain interior dalam museum yang sudah dianggarkan Rp 50 juta dari Dana Desa.

Baca: Gamelan Kuno Berusia Ratusan Tahun Ditemukan di Banjarejo Grobogan

Untuk pembuatan desain interior ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran agar wujudnya nanti bisa lebih representatif.

“Tahun ini, baru gedung museumnya dulu yang kami buat. Tahun depan dianggarkan untuk desain interiornya. Setelah rampung semua, baru kita pindahkan benda temuan ke sini,” sambungnya.

Taufik menambahkan, hingga saat ini, tercatat sudah ada sekitar 1.400 benda yang sudah teridentifikasi dan teregister BPSMP Sangiran. Sedangkan sisanya sekitar 400-an benda temuan belum teridentifikasi.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...