Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Meja Kursi Rusak saat Sekolah Tutup, Kudus Siapkan Rp 1,5 Miliar untuk Beli Mebel

Pelaksanaan simulasi PTM di SMP 4 Kudus, Jumat 28/8/2021). (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) mengangarkan dana Rp 1,5 miliar untuk pengadaan mebel sekolah di Kudus. Dana ini akan digunakan untuk membeli meja, kursi hingga lemari perpustakaan yang disebut mengalami kerusakan saat sekolah tutup selama pandemi.

Ada 30 sekolah dasar (SD) dan empat SMP yang akan mendapat alokasi ini. Sumber dananya sendiri berasal dari dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat.

Pengadaan tersebut, dianggap perlu mengingat Kudus kini juga tengah menyiapkan pembelajaran tatap muka (PTM). Simulasi PTM telah dilaksanakan sejumlah sekolah mulai Jumat (27/8/2021) kemarin.

Kepala Disdikpora Kudus Harjuno Widodo menyebutkan, selama pembelajaran jarak jauh di sejumlah sekolah banyak ditemukan meja dan kursi yang sudah tidak layak pakai.

Pihaknya menambahkan, kebutuhan masing-masing sekolah memang berbeda-beda.

“Ada yang membutuhkan lemari kerja, lemari perpustakaan, serta meja kursi untuk siswa dan guru,” katanya, Sabtu (28/8/2021).

Baca: Sekolah Tatap Muka di Kudus Akan Kembali Disetop Jika Kasus Covid Tembus Seratus

Untuk progresnya sendiri, proyek pengadaan telah memasuki tahap lelang di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Kudus dengan harga perkiraan sementera (HPS) Rp 1,36 miliar.

Pelaksanaannya, kemudian akan menggunakan sistem lelang cepat dan sebelum akhir Agustus 2021 harus sudah ada tanda tangan kontrak dengan pemenang lelang. Untuk kemudian pencairan anggaran akan langsung dilakukan pusat.

“Standar kualitas mebel yang diajukan juga sesuai dengan spesifikasi pabrik. Namun karena aturan terbaru tidak boleh menyebut nama merek, maka dalam lelang hanya spesifikasinya saja,” jelasnya.

Harjuna menambahkan, pengadaan mebel untuk SD dan SMP di Kabupaten Kudus sendiri telah diusulkan sejak 2018 lalu. Namun, realisasinya baru dilaksanakan tahun ini.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...