Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sudah Satu Ton Lebih Cabai Petani Diborong ASN Pemprov Jateng

ASN Pemprov Jateng membeli cabai yang diborong dari petani. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Para aparatur sipil negara (ASN) di jajaran Pemprov Jawa Tengah mulai memborong cabai dari petani. Ini dilakukan untuk membantu petani karena harga cabai yang anlok di pasaran.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengisntruksikan agar ASN membeli cabai petani dengan harga wajar. Instruksi ini langsung ditindaklanjuti. Sejak Kamis (26/8/2021) hingga Jumat (27/8/2021) kemarin, sudah ada 1,1 ton cabai petani yang dibotong.

”Kamis kami langsung beli (cabai petani). Sudah ada 810 kilogram cabai, dan Jumat 300 kilogram. Jadi sudah ada 1,1 ton yang kami beli dan akan terus berjalan,” katanya.

Cabai yang diborong dari petani itu dibagi menjadi paket-paket kecil. Satu paket berisi satu kilogram cabai keriting dan satu kilogram cabai rawit merah dijual dengan harga Rp 20.000.

Selain ASN di lingkungan Provinsi Jateng, Peni juga mengatakan aksi borong cabai dari petani juga akan dilakukan oleh ASN di daerah. Pj Sekda Jateng lanjut dia sudah mengeluarkan surat imbauan kepada bupati/wali kota terkait hal itu.

“Pak Sekda sudah mengeluarkan surat ke bupati/walikota terkait imbauan membeli cabai dari petani ini. Untuk Pemprov Jateng, pembelian cabai dari petani akan dikoordinasikan oleh Distanbun dan Dishanpan,” jelasnya.

Baca: Perintahkan ASN Borong Cabai Petani, Ganjar: Makelar Ambil Untung Terlalu Banyak

Sebelumnya, Ganjar Pranowo meminta ASN memborong cabai dari petani, untuk membantu petani yang kesusahan. Ini dilakukan menurutnya, untuk membantu petani agar tak merugi lantaran harga jual yang anjlok

“Kita semua harus membantu petani, karena harga cabai sedang anjlok. Saya minta kawan-kawan ASN beli cabai dari petani ramai-ramai, untuk membantu mereka,” katanya pada Kamis (26/8/2021).

Aksi mengerahkan ASN membeli produk pertanian saat harga anjlok lanjut Ganjar sudah sering dilakukan di Jawa Tengah. ASN di Jateng lanjut dia sudah terbiasa dengan hal itu.

 

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...