Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ibu Hamil di Jepara yang Ingin Disuntik Vaksin Covid Bisa Daftar ke Bidan Desa

Pelaksanaan vaksinasi ibu hamil di Kabupaten Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Jepara terus digencarkan. Kini, giliran ibu hamil yang mendapatkan jatah suntikan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara Mudrikatun, mengatakan Jumat (27/8/2021) hari ini pelaksanaan vaksinasi bagi ibu hamil dilaksanakan di semua Puskesmas. Ada 22 Puskesmas yang melayani vaksinasi itu.

Pihaknya menyampaikan, para ibu hamil bisa mendaftar kepada bidan desa masing-masing jika ingin divaksin.

Mudrikatun menyebut, jumlah ibu hamil di Bumi Kartini ada sebanyak 21 ribu orang. Tetapi, yang bisa atau ditarget untuk divaksin hanya 5.345 ibu hamil.

Alasannya, jelas Mudrikatun, syarat utama ibu hamil yang bisa divaksin adalah minimal usia kehamilannya 13 minggu sampai 33 minggu. Selain itu, ibu hamil juga harus seizin dokter spesialis kandungan.

“Semua ibu hamil (yang mau divaksin, red) harus konsultasi dengan dokter kandungan dulu,” ujarnya.

Terkait dengan stok vaksin, saat ini jumlah vaksin Sinovac masih ada 6.050 dosis, Astra Zenica masih 8.590 dosis, Sinopharm 373 dosis, dan vaksin Moderna masih tersedia 3.650 dosis.

Mudrikatun mengungkapkan, pihaknya hanya mengandalkan kiriman vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Di sisi lain, stok vaksin sangat terbatas.

“Kita bisanya ya, hanya nunggu dropping vaksin dari provinsi. Kalau ada langsung kita salurkan ke Puskesmas-puskesmas,” ujar Mudrikatun.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...