Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Awas! Pasang Jebakan Tikus di Sawah Bisa Dipidana Lima Tahun Penjara

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy Saat memberikan keterangan kepada wartawan (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Polda Jateng mengimbau warga untuk tidak memasang jebakan tikus beraliran listrik, terutama di area persawahan. Hal itu dikarenakan jebakan tikus beraliran listrik kerap menimbulkan korban jiwa.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan, pemasangan jebakan listrik hingga membuat orang meninggal bisa dipidana hingga lima tahun.

“Hal itu sesudai dengan pasal 359 KUHP yang berbunyi barang siapa karena kesalahannya (kealpaannya) menyebabkan orang lain mati, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana kurungan paling lama satu tahun,” katanya.

Iqbal mengatakan, sejauh ini memang sudah banyak korban dari jebakan tikus yang dialiri tegangan listrik tersebut. Sehingga, tindakan tersebut harus segera diantisipasi.

“Kebanyakan ini bermula dari penyalahgunaan izin pemasangan listrik oleh warga. Izin yang semula digunakan untuk pemasangan pompa air persawahan tapi digunakan juga untuk memasang kawat listrik jebakan tikus,” ungkapnya, Jumat (27/8/2021).

Padahal, izin pemasangan listrik di persawahan harus melewati beberapa tahap. Antara lain mengurus surat perizinan berusaha berbasis resiko yang dikeluarkan dari Kementrian Investasi /Kepala Badan Penanaman Modal atas rekomendasi dinas di Pemda.

Langkah selanjutnya, mendaftar ke PLN dengan menyertakan surat pernyataan bahwa listrik akan digunakan sesuai ketentuan. ”Jangan sampai izin pemasangan listrik untuk pompa air, tetapi malah digunakan untuk  memasang kawat penjebak tikus,” ungkapnya.

Menurutnya, ada beberapa alternatif lain untuk membasmi tikus di persawahan seperti menggunakan burung hantu maupun menembak dengan senapan angin.

“Menggunakan jebakan listrik memang banyak membunuh tikus. Tapi pemasangan seperti itu tidak diperbolehkan dan bisa membahayakan nyawa manusia,” tambahnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...