Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kerek Ekonomi Perlu Reformasi Struktural

Presiden Joko Widodo (YouTube/Sekretariat Presiden)

MURIANEWS, Jakarta – Pemerintah terus melakukan reformasi struktural terutama dalam meningkatkan perekonomian Indonesia. Salah satunya, Undang-Undang Cipta Kerja yang muaranya membangun sebuah kecepatan.

Saat ini, pemerintah telah membuat sistem perizinan elektronik Online Single Submission (OSS). Sistem itu memberikan kemudahan dan kecepatan dalam mengurus perizinan, terutama bagi UMKM. Menurut Jokowi, melalui OSS ini UMKM bisa membuat Nomor Induk Berusaha (NIB) di mana saja dengan waktu yang lebih cepat.

“Sehingga usaha-usaha kecil, usaha-usaha mikro kita semuanya bisa menjadi sebuah usaha yang memiliki NIB dan itu akan memudahkan mereka untuk mengakses ke perbankan,” kata Presiden, saat memberikan sambutan Peresmian Pembukaan Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Kamis, (26/8/2021).

Selain itu, Kepala Negara juga menyampaikan mengenai Program Meekar yang merupakan pinjaman bagi usaha mikro dan telah ada sejak tahun 2016. Saat ini, nasabah dari Program Meekar mencapai 10,8 juta nasabah melebihi nasabah Grameen Bank sekitar 6 juta nasabah.

“Ini sebuah lompatan yang sangat cepat sekali yang kita harapkan ini akan memberikan dampak kenaikan tingkat pada usaha-usaha mikro di Tanah Air,” ujarnya.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...