Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kudus Kebut Vaksinasi Pelajar untuk PTM, Fokus Siswa Kelas IX dan XII

Siswa kelas 9 SMP 4 Kudus saat melaksanakan pembelajaran tatap muka, Jumat (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus segera mengebut vaksinasi remaja usia 12-17 tahun di Kota Kretek menyusul diberlangsungkannya simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) di Kudus.

Hanya, karena keterbatasan stok vaksin, Pemkab memutuskan untuk memfokuskan pada siswa yang duduk di kelas sembilan sekolah menengah pertama dan kelas 12 sekolah menengah akhir.

“Akan kami lakukan secara bertahap untuk kelas sembilan dan 12 karena kami juga harus menyesuaikan dengan stok vaksin kami,” kata Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Aniq Fuad, Jumat (27/8/2021).

Bupati Kudus HM Hartopo juga berharap vaksinasi remaja di Kota Kretek bisa segera dikebut. Hal tersebut dilakukan untuk mengimbangi adanya simulasi PTM yang kini mulai berlangsung di Kabupaten Kudus.

Hanya memang, proses tersebut diakui masih terkendala pasokan vaksin. Belum lagi dengan adanya tanggungan vaksinasi dosis dua di sejumlah kategori lainnya.

“Vaksinasi remaja ini kan pakai jenis Sinovac, sementara masih ada tanggungan untuk dosis dua di sejumlah kategori lainnya, nanti akan dicoba bagaimana supaya bisa merata,” kata Hartopo.

Baca: Hari Ini Semua Sekolah di Kudus Mulai Gelar Simulasi PTM

Ia mengatakan, semua perusahaan-perusahaan di Kabupaten Kudus sendiri sebenarnya telah siap memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi. Namun memang yang masih jadi kendala adalah ketersediaan vaksinnya.

“Jadi kami punya vaksinnya kami berikan ke perusahaan-perusahaan, mereka nanti yang akan mengurus vaksinasinya,” ujar dia.

Simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) di semua jenjang pendidikan di Kudus mulai berjalan Jumat (27/8/2021) hari ini. Sekolah-sekolah yang menjalankannya pun diminta untuk menjalankan peran Satgas Covid-19 sekolahnya secara maksimal.

Baca: Sekolah Tatap Muka di Kudus Akan Kembali Disetop Jika Kasus Covid Tembus Seratus

Hartopo menyebutkan keberlangsungan simulasi dan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di Kabupaten Kudus akan bergantung pada situasi dan kondisi penyebaran Covid-19 di Kota Kretek.

Ketika kasus tetap melandai, maka simulasi PTM akan berganti dengan pembelajaran tatap muka yang sebenarnya. Namun, ketika kasus semakin melonjak, dalam artian jumlah pasien aktif semakin bertambah, maka pihaknya akan segera mengevaluasi.

“Ini kan baru simulasi, nanti PTM-nya kira-kira pekan depan,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...