Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ingat! Daerah di Jateng Level PPKMnya Naik, PTM Bakal Kembali Ditutup

Sejumlah pelajar di Batang saat melakukan vaksinasi. (Pemkab Batang)

MURIANEWS, Semarang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah mengizinkan daerah dengan level 2 dan 3 PPKM untuk menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas mulai 30 Agustus 2021. Namun daerah-daerah tersebut tak bisa bersantai, lantaran masih ada ancaman PTM kembali ditutup.

Hal ini terjadi jika daerah yang level PPKM nya naik ke level 4. Hal ini dikatakan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Jateng Suyanta. Ia mengatakan, daerah level 2, atau level 3 maka bisa melakukan PTM. Namun bila di pekan berikutnya levelnya naik ke 4, maka sekolah harus tutup lagi atau tidak bisa meneruskan PTM.

“Misalnya dia (daerah) pada level 3 pun pada masa uji coba atau masa PTM terbatas ada kasus positif, maka wajib ditutup sampai nanti mendapatkan rekomendasi lagi dari gugus tugas setempat,” katanya, Kamis (26/8/2021).

Aturan dalam PTM terbatas yang diizinkan gubernur Jateng juga ada sedikit perbedaan dengan aturan yang tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 35 Tahun 2021.

Jika merujuk pada Inmendagri bahwa PTM terbatas itu maksimum 50 persen. Tapi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah membatasinya hanya 30 persen.

”Tujuannya supaya memunculkan rasa kehati-hatian,” ujarnya.

PTM terbatas juga memberlakukan durasi waktu yang terbatas. Yakni saat uji coba PTM, pelaksanaanya maksimal selama dua jam. Kemudian, PTM terbatas tiga jam maksimum, serta berjalan tanpa istirahat.

Pihaknya telah membuat pedoman PTM seperti meliputi jumlah siswa yang masuk secara total maksimum 30 persen. Selain itu, dalam satu ruang kelas diatur jaraknya minimal 1,5 meter.

Baca: Gubernur Jateng Izinkan PTM Digelar Mulai 30 Agustus, Khusus untuk Daerah-Daerah Ini

Selain itu, siswa masuk dengan tertib sesuai protokol kesehatan (prokes), langsung pulang, tidak ada kegiatan ekstra, serta tidak ada istirahat.

Suyanta juga menambahkan, bagi sekolah yang sudah pernah melakukan uji coba PTM maka pada Senin (30/8/2021) bisa melakukan PTM terbatas. Sedangkan, bagi sekolah yang belum melakukan uji coba PTM maka harus melakukan uji coba PTM.

Untuk melakukan uji coba PTM, ada sejumlah kesiapan yang harus dipenuhi dulu. Begitu sudah siap, akan diverifikasi.

“Apakah besok Senin itu semua sekolah yang di (daerah) level 2 dan 3 bisa uji coba, belum. Verifikasi dulu. Mendapat izin dulu dari gugus tugas, mendapat izin dari pemangku wilayah,” ujarnya.

Baca: Alhamdulillah, Dua Daerah di Jateng Masuk PPKM Level 2, Level 4 Masih 15 Kabupaten/Kota

Diberitakan sebelumnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) awa Tengah Nomor 10 Tahun 2021 tentang Implementasi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease di Provinsi Jawa Tengah, terkait pendidikan.

Ingub ini yang menjadi dasar daerah-daerah di Jawa Tengah boleh kembali membuka sekolah untuk PTM secara terbatas.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...