Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Keren, Lintasan Atletik Stadion Joyokusumo Pati Dibuat Berstandar Internasional

Pengurus PASI Jateng mengukur lintasan atletik di Stadion Joyo Kusumo Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) telah melakukan pembangunan lintasan atletik di Stadion Joyokusumo Pati, sejak 2020 lalu. Kini, pembangunan lintasan atletik itu dilanjutkan dengan berstandar internasional.

Untuk memastikan itu, Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jawa Tengah pun melakukan pendampingan. PASI akan mengarahkan agar lintasan yang dibagun itu sesuai dengan standar dunia.

“Situasi (lapangan) sudah sangat bagus. Jadi, kami memastikan saja kondisi lintasan dibangun sesuai standar dunia,” ujar Wakil Ketua Pengprov PASI Jateng Budi Leksono saat meninjau pembangunan lintasan atletik Stadion Joyokusumo, Kamis (26/8/2021).

Lintasan atletik tersebut juga diubah dari tanah gravel menjadi tartan sintetis. Pembenahan tersebut menelan biaya APBD Pati senilai hampir Rp 8,5 miliar.

Lebih lanjut dia menjelaskan lintasan atletik secara teknis. Total panjang lintasan atletik yakni 400 meter.

Sepanjang 100-110 meter (depan tribun barat) digunakan untuk delapan lintasan. Lantas 300 meter lainnya menggunakan enam lintasan.

Adapun panjang bagian lurus lintasan 80 meter. Selain itu juga dilengkapi arena lompat jauh dan lompat jangkit yang dibangun di depan tribun timur.

Dia pun mengatakan, sangat memungkinkan untuk membuat dua tembereng. Tembereng pertama berada di bagian utara untuk lompat tinggi galah, termasuk lintasan awalan lempar lembing.

Sedangkan tembereng kedua terletak di sebelah selatan untuk lempar cakram, tolak peluru, dan lempar lembing.

Untuk mencapai standar yang diinginkan, Budi yang juga masuk jajaran pengurus PB PASI di bidang perwasitan dan perlombaan memberikan arahan kepada pekerja pelaksana proyek lintasan atletik. Langkah itu agar setelah rampung pekerjaan, kualitas lapangan sesuai dengan regulasi atletik internasional.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...