Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Curi Murai Batu, Pemuda 21 Tahun di Wonosobo Terancam Sembilan Tahun Penjara

Polres Wonosobo menghadirkan tersangka pencurian burung Murai Batu di Kelurahan Mudal, Wonosobo, Rabu (25/8/2021). (Humas Polres Wonosobo)

MURIANEWS, Wonosobo – Seorang pemuda berinisial ARP (21) warga Kelurahan Mudal, Kecamatan Mojotengah, Wonosobo itu diringkus polisi karena mencuri burung Murai Batu milik tetangganya sendiri.

Pelaku yang yang dalam KTP status pekerjaannya tertulis pelajar/mahasiswa itu, ditangkap di rumahnya tanpa perlawanan. Kepada petugas, ia mengakui semua perbuatanya.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 363 ayat (1) bagian ke-3 dan ke-5 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Pelaku diancam hukuman 9 tahun penjara dan kini harus meringkuk di tahanan Polres Wonosobo.

Wakapolres Wonosobo, Kompol Arie Imam Prasetyo dalam gelar perkara di Mapolres setempat mengatakan kasus pencurian tersebut dilakukan pelaku pada Senin (2/8/2021) sekitar pukul 23.30 WIB.

“Namun pemilik rumah baru mengetahui burung kesayangannya raib, esok harinya Selasa 3 Agustus 2021, kira-kira pukul 06.30 WIB. Pelaku baru ditangkap Jumat 20 Agustus 2021 lalu setelah korban melapor ke Polres Wonosobo,” katanya seperti dikutip dari laman Humas Polri, Rabu (25/8/2021).

Pelaku ARP mengaku melakukan pencurian burung Murai Batu dengan cara masuk rumah melalui jendela depan yang telah dicongkel sebelumnya dengan linggis. Dia melancarkan aksi pencurian seorang diri tanpa bantuan orang lain.

“Setelah daun jendela berhasil dicongkel, saya lalu merusak besi grendel pengunci jendela dan besi penyangga jendela agar tidak bisa terbuka lebar. Selanjutnya saya masuk melalui jendela yang sudah terbuka,” akunya.

Di dalam rumah, pelaku berhasil membawa kabur lima burung Murai Batu dan sebuah sangkar burung. Pelaku leluasa mengambil barang curiaanya karena pemilik rumah sedang tidak berada di tempat.

Burung hasil curiannya oleh pelaku dijual ke orang lain seharga Rp 3 juta. Uang dari penjualan burung Murai Batu dimanfaatkan untuk memenuhi kesenangan sendiri.

 

Penulis: Surpiyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Humas Polri

Comments
Loading...