Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

ODGJ di Jepara Juga Diberi E-KTP, Hari Ini Sepuluh Orang Direkam Data

Proses perekaman data E-KTP di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Mental Waluyoutomo Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jepara terus mengupayakan semua warga memiliki E-KTP. Salah satu golongan yang kini diupayakan adalah penyandang disabilitas mental atau orang dengan gangguan jiwa (ODG).

Plt Kepala Disdukcapil Jepara Dwi Riyanto menyampaikan, hari ini pihaknya melakukan perekaman KTP-el di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Mental Waluyoutomo. Sedikitnya ada sepuluh orang yang berhasil dilakukan perekaman.

Dwi mengatakan, meski Jepara sudah melampaui target nasional tahun 2021 yaitu 95,06 persen, capaiannya terus ditingkatkan.

Jika tahun lalu dari 880.410 penduduk wajib KTP, sudah 868.006 penduduk yang memiliki E-KTPatau 98,59 persen. Diharapkan jumlah tersebut meningkat secara signifikan di akhir tahun ini.

“Selain untuk tertib administrasi kependudukan, pemberian E-KTP kepada penyandang disabilitas juga merupakan amanat konstitusi. Semua warga negara memiliki hak yang sama untuk memperoleh layanan administrasi kependudukan,” katanya.

Salah satu upaya yang dilakukan Dwi  adalah melakukan jemput bola ke desa-desa dan lembaga nonformal lainnya.

Lebih lanjut Dwi, menjelaskan selain perekaman jemput bola, untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan administrasi kependudukan, Disdukcapil Kabupaten Jepara terus melakukan berbagai inovasi dengan aplikasi tekonologi informasi dan komunikasi.

Selain pelayanan daring, Juli lalu Disdukcapil telah mengoperasionalisasikan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Mal Pelayanan Publik (MPP). ADM adalah mesin yang dapat digunakan untuk mencetak KTP el, Kartu Identitas Anak (KIA) dan beberapa akta catatan sipil. Masyarakat bisa menggunakan layanan tersebut secara mandiri.

“Mengingat banyaknya kemudahan yang diperoleh lewat fasilitas ADM, kita sudah merencakankan penambahan alat tersebut,” pungkasnya.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...