Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bandara Ngloram Blora Direncanakan Terkoneksi dengan Stasiun Kereta

Kunjungan Kepala KAI Daop 4 Semarang ke Bandara Ngloram Blora. (MURIANEWS/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – Bandara Ngloram Blora ditargetkan mulai membuka penerbangan komersial pada Oktober 2021 mendatang. Bandara ini nantinya juga direncanakan terkoneksi langsung dengan stasiun kereta api.

Bahkan saat Mensesneg Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi datang ke Blora, Minggu (22/8/2021) lalu, muncul wacana untuk memindah Stasiun Cepu ke depan bandara.

Dan sebagai tindak lanjut, Selasa (4/8/2021) kemarin, Kepala PT KAI Daop 4 Semarang Wisnu Pramudyo meninjau Bandara Ngloram.

“Sengaja datang kemari, terkait kunjungan pak Mentri BUMN kemarin bagaimana konektivitas antara bandara dengan kereta api. Jadi sejauh mana nanti agar bisa berjalan dan seiringan serta bisa berkolaborasi dengan bagus,” katanya.

Ia menyatakan, saat ini program intermoda itu masih dalam proses penjajakan. Wisnu mengungkapkan apabila konektivitas transportasi ini nantinya berjalan dengan lancar, maka secara otomatis perekonomian suatu daerah juga akan naik.

Terkait wacana adanya pemindahan Stasiun Cepu, Wisnu menjelaskan, dari pihak PT Kereta Api belum ada arahan untuk pemindahan.

“Yang jelas stasiunya sudah ada, Stasiun Kapuan dan yang besar lagi Stasiun Cepu. Apakah nanti ada pengembangan apakah pembangunan stasiun baru, tapi arahnya ke pengembangan sebenarnya,” ujarnya.

Baca: Gubernur Setuju Nama Bandara Ngloram Blora Diubah Jadi Abdurrahman Wahid

Sementara itu, Koordinator Pembangunan Bandara Ngloram Ariadi  Widiawan mengatakan, jauh sebelumnya pihakanya telah melakukan komunikasi dengan Daop 4 Semarang mengenai intermoda tersebut.

Alhamdulillah direspons baik, sebulan kemudian kunjungan Pak Menteri Perhubungan dan Pak Menteri BUMN, nah itu juga kami laporkan pemaparan,” terangnya.

Rencananya pada Oktober 2021 mendatang sudah ada penerbangan komersil ke Bandara Ngloram Blora ini. Langkah awal akan diundang Pemkab Blora, Bojonegoro, Tuban, Rembang, Grobogan dan Ngawi daerah yang mengelilingi bandara itu untuk diajak koordinasi, sekaligus beberapa perusahaan besar seperti Exxon, Pertamina, Semen Indonesia, guna membahas pembukaan penerbangan.

 

Kontributor Blora
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...