Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Klub Eropa Dengan Hutang Terbanyak, Bukan Barcelona Tapi Hotspur!!

Barcelona diketahui menjadi salah satu klub di Eropa yang terbelit hutang besar. (facebook.com/fcbarcelona)

MURIANEWS, Jakarta- Pandemic Covid-19 yang terjadi dalam setahun lebih ternyata berdampak bagi banyak klub di Eropa. Karena kompetisi terganggu, banyak klub yang akhirnya menumpuk hutang.

Berbicara soal hutang klub Eropa, maka topik pembicaraan yang terjadi saat ini adalah tentang Barcelona. Klub raksasa Eropa ini dalam setengah tahun terakhir disebut-sebut memiliki hutang yang mengerikan.

Namun ternyata, masalah hutang ini tampaknya tidak hanya menjadi problem bagi Barcelona. Sejumlah klub besar di Eropa diketahui juga menghadapi permasalahan yang sama. Pandemic Covid-19 secara keseluruhan mempengaruhi keuangan klub-klub sepak bola.

Dilansir dari Sportstar, ada beberapa klub terkemuka di Eropa yang memiliki hutang paling banyak. Barcelona termasuk salah satunya, namun justru bukan yang memiliki tanggungan hutang terbanyak.

Tim sekelas Manchester United, yang baru saja membeli Varane, memperpanjang kontrak Cavani dan memboyong Jadon Sancho, ternyata juga punya hutang. Jumlahnya juga sangat besar, meski hutang itu meliputi banyak aspek diluar masalah pembelian pemain.

Setidaknya ada lima klub yang layak disebutkan sebagai pemilik hutang fantastis di persepakbolaan Eropa. Diantaranya adalah Inter Milan, yang saat ini menguasai Liga Serie A Italia.

Inter Milan yang baru saja menjual Romelu Lukaku disebutkan memiliki tanggungan hutang sampai Rp14,8 Triliun. Makanya, Lukaku yang sebenarnya menjadi andalan mereka, akhirnya terpaksa dijual.

Hutang Inter Milan sendiri terdiri dari hutang keuangan bruto Rp7,1 triliun, transfer Rp3,5 triliun, staf Rp727,6 miliar, pajak Rp845,6 miliar, kreditor perdagangan Rp1,7 triliun, dan kreditor lainnya Rp904,5 miliar.

Berikutnya Manchester United memiliki hutang lebih banyak lagi dibanding Inter. Klub Setan Merah masih menanggung hutang sebesar Rp15,1 Triliun. Nilainya setara dengan 771 juta poundsterling.

Namun demikian, setelah pembelian sejumlah pemain mereka, Manchester United masih bisa menjaga neraca keuangannya. Mereka dilaporkan tidak memiliki tunggakan pada pemain, pelatih dan para stafnya.

Rinciannya yakni, terdiri dari hutang keuangan bruto Rp10,3 triliun, transfer Rp2,9 triliun, pajak Rp1,3 triliun, kreditor perdagangan Rp137,6 miliar dan kreditor lainnya Rp432,6 miliar.

Selanjutnya ada Atletico Madrid di Liga Spanyol. Nilau hutangnya mencapai Rp15,6 Triliun. Rinciannya, utang kuangan bruto Rp3,7 triliun, transfer Rp4,4 triliun, staf Rp1,6 triliun, pajak Rp98,3 miliar, kreditor perdagangan Rp786,7 miliar, dan kreditor lainnya Rp4 triliun.

Di Spanyol, yang terbesar memiliki hutang, tentu saja Barcelona dengan nilai tanggungan hingga Rp19,6 Triliun. Namun situasi di Barcelona harus diakui lebih buruk dari semua klub-klub yang terjerat hutang.

Bahkan Barcelona mengalami kesulitan saat harus mendaftarkan pemainnya lantaran berhadapan dengan aturan FFP. Hutang Barcelona berkait langsung dengan masalah gaji pemain.

Barcelona memiliki utang sebesar 1 miliar poundsterling atau Rp19,6 triliun. Tanggungannya meliputi hutang keuangan bruto Rp8,2 triliun, transfer Rp5,5 triliun, staf Rp3,5 triliun, pajak Rp963,3 miliar, kreditor perdagangan Rp1,4 triliun, dan kreditor lainnya Rp452,3 miliar.

Namun dari semua klub itu, ternyata justru Tottenham Hotspur yang memiliki hutang paling besar. Tanggungannya mencapai Rp23,6 Triliun. Hutang tersebut mencakup hutang keuangan bruto Rp16,3 triliun, transfer Rp2,7 triliun, pajak Rp1,8 triliun, kreditor perdagangan Rp176,9 miliar, dan kreditor lainnya Rp2 triliun.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: Sportstar

Comments
Loading...