Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Beberapa Daerah di Jateng Turun Level PPKM, Ganjar: Jangan Euforia Dulu

Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Pemerintah kembali memperpanjang penerapan Pemberlakukan Pemebatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 30 Agustus 2021. Sejumlah daerah di Jawa Tengah dalam PPKM kali ini ada yang turun level.

Di antaranya Kabupaten Kudus dan Jepara yang turun dari level 3 ke level 2, dan Temanggung serta Kabupaten Blora yang turun dari level 4 ke level 3.

Menanggapi hal ini Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta agar tidak terjadi euforia karena adanya penurunan level tersebut.

“Memang ada gejala euforia karena penurunan level. Maka saya ingatkan ke bupati/wali kota, jajaran Forkompimda dan semua pemangku kepentingan. Jangan euforia dulu, kita memang membaik tapi belum baik semuanya,” kata Ganjar, Selasa (24/8/2021).

Para kepala daerah pun diminta tidak gegabah. Terlebih sejumlah kepala daerah telah mengusulkan pembukaan tempat wisata dan pembelajaran tatap muka (PTM) karena leveling di PPKM turun.

“Nanti dulu, uji coba saja dulu. Kita izinkan kok pariwisata dibuka, tapi satu saja dan uji coba. Termasuk sekolah, nanti dulu, uji coba dulu. Maka kemarin di Solo ada sekolah yang nekat buka, kita peringatkan dan mau bekerja sama,” jelasnya.

Di beberapa daerah lanjut Ganjar, siswa TK, SD, SMP juga ada yang sudah masuk. Ia mengingatkan agar semua mengikuti ketentuan dan protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan dengan ketat.

“Saya sudah siapkan aturan umum terkait PTM itu agar dipedomani. Saya minta itu ditaati, agar seluruh Jateng bisa sama,” ucapnya.

Baca: Alhamdulillah, Dua Daerah di Jateng Masuk PPKM Level 2, Level 4 Masih 15 Kabupaten/Kota

Semua daerah tak terkecuali yang kini telah turun level untuk tetap waspada. Penerapan PPKM pun harus terus dilakukan dengan ketat.

Kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan dan memincu penyebaran Covid-19 tetap harus dilarang.

“Kemarin ada kasus di Kendal tiba-tiba ada perayaan pesta. Enggak bisa seperti itu, harus ditindak. Tolong masyarakat kalau mau ada acara ramai-ramai, izin dulu agar bisa dipantau,” jelasnya.

Baca: Ini Daftar Daerah dengan Assesmen Kriteria PPKM Level 2 dan Level 3

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa PPKM level diperpanjang sampai 30 Agustus 2021. Jokowi juga menyebut terdapat penurunan level di sejumlah daerah di Jawa-Bali.

Daerah yang tadinya level 4, berkurang dari 67 kabupaten/kota menjadi 51 daerah. Sementara daerah yang masuk level 3 bertambah dari 59 kabupaten/kota menjadi 67 daerah.

Begitu juga dengan daerah yang masuk level 2, yang awalnya hanya dua kabupaten/kota kini menjadi 10 kabupaten/kota. Termasuk di dalamnya adalah Kabupaten Kudus dan Jepara.

 

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...