Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

PPKM Diperpanjang, Beberapa Daerah di Jawa-Bali Turun Level

Presiden Jokowi. (YouTube/Sekretariat Presiden)

MURIANEWS, Jakarta – Presiden Joko Widodo mengumumkan perpanjangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari 24 Agustus hingga 30 Agutus 2021. Berbeda dari sebelumnya, Jokowi mengumumukan beberapa daerah bisa menurunkan levelnya dari level 4 ke level 3.

“Pemerintah memutuskan pada tanggal 24 Agutus hingga 30 Agustus beberapa daerah bisa diturunkan dari level 4 ke level 3. Di Jawa dan bali, wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya, dan kabupaten/kota lainnya bisa turun ke level tiga,” katanya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (23/8/2021).

Jokowi menyebut, di Jawa Bali ada perkembangan yang baik. Di mana jumlah daerah dengan level 4 menurun, dari 67 kabupaten/kota menjadi 51 kabupaten/kota. Sementara, level 3 bertambah dari 59 kabupaten/kota menjadi 67 kabupaten/kota.

“Sedangkan level 2, yang sebelumnya dua kabupaten/kota sudah menjadi 10 kabupaten kota. Begitupun di luar Jawa dan Bali juga sudah membaik, tetapi tetap harus waspada,” kata Jokowi.

Di awal, Presiden Jokowi mengingatkan pandemi Covid-19 belum selesai. Bahkan di beberapa negara sedang mengalami gelombang ketiga Covid-19 dengan kenaikan yang signifikan. “Untuk itu tetap harus waspada,” katanya.

Menurut Jokowi, sejak di puncak kasus yang terjadi pada 15 Juli, kasus konfirmasi positif di Indonesia terus menurun, hingga sekarang sudah turun 78 persen. Sementara angka kesembuhan juga lebih tinggi selama beberapa minggu terakhir.

“Itu memengaruhi tingkat keterisian rumah sakit, BOR sekarang turun diangka 33 persen,” ujarnya.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...