Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Salah Satu Klub Legendaris Italia, Chievo Verona Akhirnya Dinyatakan Bangkrut

Klub Chievo Verona Bubar. (Facebook.com)

MURIANEWS, Verona- Dunia sepak bola professional Italia akhirnya harus merelakan salah satu klub lengendaris mereka ‘lenyap’. Kerasnya persaingan sepak bola professional dewasa ini, membuat Chievo Verona kini tinggal kenangan.

Setelah mengalami masalah finansial sejak Juni 2021 lalu, klub Chievo Verona akhirnya dinyatakan bangkrut. Mereka mengalami gagal membayar hutang dan pajak yang sudah lama tak bisa mereka bayar.

Upaya para pengelola klub untuk mendapatkan investor tidak mendapatkan hasil seperti yang diharapkan. Sehingga akhirnya mereka menyatakan perusahaan yang menaungi klub ini dinyatakan pailit alias bangkrut.

Sebelum resmi dinyatakan bangkrut, Chievo Verona sempat menjadi salah satu klub papan atas Liga Serie A Italia. Namun seiring perjalanan waktu, mereka mengalami kepayahan dari sisi keuangan mereka.

Sehingga dari Serie A mereka terdegradasi ke serie B dan akhirnya karena bangkrut didepak hingga ke Serie D. Bermain di Serie D, ternyata juga tidak bisa membuat klub ini bisa menerima syarat-syarat yang ditentukan.

Klub asal Verona ini, dinilai pihak administrasi Italia, CoViSoc tidak bisa menunjukan kemampuan stabilitas keuangan mereka. Sehingga untuk musim 2021-2022 ini, keabsahannnya bermain di Serie D juga masih dipertanyakan.

Chievo Verona sempat mengajukan banding ke lembaga yang menangani permasalahan ini di Italia. Namun hasil yang diharapkan dari upaya ini juga tidak berhasil. CoViSoc tetap meminta agar mereka mencari investor baru untuk menyehatkan keuangan klub.

Klub yang bermarkas di stadion Marc Antonio Bentegodi itu sempat diberi waktu selama dua bulan untuk mendapatkan investor. Namun sejak Juni, upaya mereka mendapatkan investor tidak membuahkah hasil.

Legenda Chievo Verona, Sergio Pellissier sempat ditunjuk untuk mencari investor penyelamat. Namun upayanya gagal, karena tidak ada pihak yang tertarik untuk membeli pengelolaan Chievo Verona.

Sampai dua bulan dari waktu yang ditentukan, Pellissier gagal mendapatkan investor. Sehingga dengan berat hati Legenda Chievo Verona ini akhirnya menyatakan klub yang dicintainya bubar.

Chievo Verona sendiri merupakan salah satu kekuatan sepak bola di Italia pada 2000-an. Saat itu, pelatih Luigi Del Neri berhasil membawa Chievo merangseng ke papan atas Liga Serie A Italia.

Pada debut mereka di Serie A, mereka langsung mampu menembus Liga Eropa. Di tangan Luigi Del Neri klub asal Verona merangsek ke papan atas. Baru promosi ke Serie A mereka langsung menembus kompetisi Eropa dan bermain di Liga Europa.

Selama enan musim mereka berada di deretan klub-klub teratas di Liga Serie A Italia. Mereka memiliki pemain-pemain hebat, seperti Simone Perotta, Cristiano Lupatelli, Nicola Legrottaglie, Bernardo Corradi, hingga Massimo Marazzina.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: Football5star

Comments
Loading...