Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Nadiem: Guru di Daerah PPKM Level 1-3 Divaksin Dulu Baru Boleh PTM

Mendikbudristek Nadiem Makarim. (Instagram/@nadiemmakariem)

MURIANEWS, Jakarta – Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim mengatakan vaksinasi pada guru menjadi syarat dilakukan pembelajaran tatap muka. Namun, itu harus didukung dengan kondisi Covid-19 atau level PPKM di setiap daerah.

Itu ditegaskannya dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI yang disiarkan akun YouTube DPR, Senin (23/8/2021). Di sana, dia menjelaskan jika vaksinasi pada masyarakat bukan keperluan untuk membuka sekolah. Namun, vaksinasi pada guru yang menjadi persyaratan dilakukan PTM.

“Tapi vaksinasi guru menjadi kondisi kewajiban membuka tatap muka. Jadi bukan vaksinasi dulu baru tatap muka, tapi gurunya sudah vaksinasi, dia wajib memberikan opsi tatap muka. Ini sangat berbeda, karena banyak di masyarakat banyak berpendapat ‘oh, berarti harus vaksinasi dulu’, tidak,” ucap Nadiem.

Nadiem menyebut guru di daerah level 1 hingga level 3 yang sudah divaksinasi lengkap, diwajibkan untuk memberikan opsi PTM. “Malah kalau sudah divaksinasi gurunya lengkap, itu diwajibkan, kalau di level 1 dan 3,” imbuhnya.

Di kesempatan itu, dia mengatakan Surat Keputusan Bersama empat menteri, yakni Mendikbud Ristek, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri belum berubah, kecuali satu saja, bahwa PPKM level 4 tidak boleh melakukan PTM.

“SKB 4 Menteri tidak pernah berubah kecuali satu saja, bahwa yang PPKM level 4, itu tidak boleh melakukan PTM, itu saja. Di level 1, 2, dan 3, di mana semakin banyak daerah yang turun dari 4 ke 3, apalagi di Jawa dan Bali karena angkanya sudah lumayan cepat turun. Untuk PPKM level 1, 2, dan 3 itu semuanya itu SKB 4 Menteri masih berlaku,” kata Nadiem

Dalam penjabarannya, Nadiem mengatakan lebih dari separuh sekolah di Tanah Air saat ini berada di daerah PPKM level 1 hingga 3. Angka tersebut menurut Nadiem akan membesar, sebab daerah yang mengalami PPKM level 4 akan segera turun.

“Jadi karena PPKM level 1, 2, dan 3 itu semuanya boleh melalukan PTM terbatas. Sekitar 63% sekolah kita itu ada di level 1, 2, dan 3. Dan angka 63% ini akan semakin membesar, karena banyak sekali daerah yang level 4 akan turun terutama di Jawa dan Bali, kalau di luar Jawa dan Bali lumayan masih meningkat,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Nadiem mengatakan 63% sekolah yang berada di daerah PPKM level 1 hingga 3 bisa melaksanakan sekolah tatap muka secara terbatas, yakni melakukan protokol kesehatan dan hybrid.

“Jadi sekarang, bapak-ibu anggota Komisi X, 63% dari sekolah kita sudah bisa melaksanakan PTM. Ini suatu hal yang mungkin mengejutkan, tapi ini adalah hasil perjuangan kita bahwa pada saat angka-angka mulai menurun, kita bilang semua level 1 sampai 3 harus boleh melakukan tatap muka,:” ucapnya.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...