Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dana Rp 6 Miliar dari Dana Hasil Cukai Tembakau Dikucurkan untuk Rehab Empat Puskesmas di Kudus

Warga periksa di Puskesmas Jati, Kudus belum lama ini. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak empat puskesmas di Kabupaten Kudus akan direhabilitasi tahun ini. Anggaran yang dikucurkan untuk rehabilitasi ini sebesar Rp 6 miliar, dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus, Badai Ismoyo menyebut, empat puskesmas itu yakni Puskesmas Jati, Puskesmas Rendeng, Puskesmas Rejosari, dan Puskesmas Jepang.

“Kalau tiap-tiap puskesmas dapat berapa itu beda-beda. Hal itu bergantung pada tingkat fasilitas yang direhabilitasi di masing-masing puskesmas,” katanya kepada MURIANEWS, Senin (23/8/2021).

Ia mengatakan, proses rehab puskesmas tersebut saat ini masih dalam tahap lelang. Badai berharap dengan adanya rehabilitasi di empat puskesmas itu dapat meningkatkan pelayanan.

Sehingga masyarakat bisa lebih nyaman ketika datang ke puskesmas untuk berobat.

Sementara itu Kepala Puskesmas Rejosari, dr Isna Noor Khilda menjelaskan bagian puskesmas yang perlu direhabilitasi ada di lantai dua ruang rawat jalan. Sebab, gedung lantai dua belum jadi.

“Yang paling perlu di lantai dua. Karena lantai dua itu rencananya kami gunakan sebagai ruang administrasi dan ruang diskusi,” ujarnya.

Dokter Isna melanjutkan, saat ini pihaknya masih memanfaatkan lantai satu sebagai tempat administrasi yang juga berbarengan dengan ruang pelayanan masyarakat.

Karena saat ini masih pandemi dan tidak boleh berkerumun, pihaknya harus memutar otak untuk mencegah terjadinya kerumunan.

“Saat ini ruang administrasi masih jadi satu di lantai satu bersama ruang pelayanan. Tetap kami upayakan agar tidak berkerumun. Tempat menunggu juga kami beri stiker jaga jarak,” ungkapnya.

 

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...