Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

BUMN Rencanakan 10 Ribu Pertashop dalam 3 Tahun

Menteri BUMN Erick Thohir saat melihat Pertashop di depan Bandara Ngloram Blora. (MURIANEWS/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Pertamina menargetkan 10 ribu ertashop dalam tiga tahun ke depan. Diharapkan, kehadiran Pertashop dapat menumbuhkan tenaga kerja sebanyak 30 ribu orang.

“Tadi saya sampaikan bagaimana target Pertamina untuk 10 ribu Pertashop dalam tiga tahun kedepan. Jadi bagaimana pertumbuhan tenaga kerja tidak bisa dari BUMN saja tapi bagaimana kita bekerjasama dengan seluruh pengusaha yang menjadi mitra BUMN,” ucap Erick Thohir.

Dikatakannya, dengan rencana 10 ribu Pertashop tersebut setidaknya akan menyerap sebanyak 30 ribu tenaga kerja dimana masing-masing kios memiliki 3 orang pekerja.

Bersama Menteri Perhubungan Budi Karya, dia mengunjungi slah satu kios pertashop di Kabupaten Blora. Lokasi Pertashop itu di Desa Kapuan, Kecamatan Cepu, yang letaknya hanya beberapa ratus meter dari Bandara Ngloram, Minggu siang (22/8/2021).

Hadir mendampingi, Dirut Pertamina Nicke Widyawati, Dirut PT. Jasa Raharja Rivan Purwantono, Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono, Bupati Arief Rohman bersama Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati beserta dengan Forkopimda Kabupaten Blora.

Erick mengungkapkan Pertamina berupaya mendorong tumbuhnya layanan Pertashop di berbagai daerah, yang salah satunya untuk menyerap tenaga kerja dan mendekatkan pelayanan energi ke pedesaan.

“Seperti Pertashop di Desa Kapuan ini bagus, memilih lokasinya juga strategis dekat bandara. Semoga Pertashop di desa ini dapat mendorong perekonomian masyarakat setempat sekaligus memudahkan dalam mengakses BBM,” tambah Erick.

Dalam kunjungannya, Menteri Erick menyempatkan diri untuk berdialog dengan pemilik kios Pertashop dan Kepala Desa Kapuan. Bahkan, dirinya sendiri turut melayani beberapa masyarakat yang saat itu hendak membeli BBM.

Menteri BUMN dan Menhub nampak mengisi bahan bakar berjenis Pertamax pada kendaraan motor bebek milik Wuryaningsih yang saat itu tengah membawa keranjang berisikan dagangan makanan.

Wuryaningsih bahkan kaget dan menangis haru, pasalnya dirinya tak menyangka bakal bertemu dengan para menteri saat itu. Erick Thohir bahkan memborong dagangannya senilai 500 ribu.

“Saya tidak menyangka tadi waktu mengisi BBM, bertemu dengan Pak Menteri. Terimakasih Pak Menteri. Bahkan dagangan saya diborong,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Menteri BUMN, Menteri Perhubungan, Bupati dan Wakil Bupati Blora juga membagikan helm dan bingkisan kepada para pembeli di Pertashop.

Bupati Blora mendukung adanya layanan Pertashop di Kabupaten Blora. Pihaknya berharap agar Pertashop dapat hadir di desa-desa.

“Saya mendukung adanya layanan Pertashop ini, saya harap Pertashop dapat hadir di desa-desa yang nantinya bisa dikerjasamakan antara Pertamina dengan BUMDES setempat. Sehingga masyarakat lebih mudah mendapatkan akses pada energi dan sekaligus mendorong perekonomian desa,” harap Bupati.

Saat ditemui, Kepala Desa Kapuan, Haryanto menuturkan bahwa antusiasme masyarakat terbilang cukup tinggi dengan adanya Pertashop ini. Dikatakannya, masyarakat kini tidak perlu jauh-jauh pergi ke Cepu untuk membeli bahan bakar.

“Tanggapan dari warga kami positif, warga kami yang tadinya beli BBM ini harus menempuh jarak 5-6 km ke Cepu kini sudah bisa beli disini, jadi dengan adanya Pertashop menjadi lebih irit” jelasnya.

Suma, pelaku usaha Pertashop di Desa Kapuan menjelaskan bahwa usahanya tersebut sudah berjalan selama kurang lebih 8 bulan. Dikatakannya, usahanya tersebut semakin meningkat.

Sebagai informasi, Pertashop atau dikenal dengan SPBU mini merupakan layanan resmi dari Pertamina yang bekerjasama dengan mitra baik dapat dari pelaku usaha, UKM, hingga desa.

 

Kontributor Blora
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...