Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Usai Kualifikasi Piala Dunia, Pemain Bintang Liga Inggris Terancam Absen

Moh Salah dan Roberto Fermino menghadapi masalah dengan aturan karantina Inggris.(Facebook/fermino)

MURIANEWS, London- Kebijakan pemerintah Inggris yang mewajibkan isolasi bagi pendatang dari wilayah merah, berpotensi membuat pemain bintang di Liga Inggris absen. Kemungkinan ini dipastikan akan merugikan klub dan Liga Inggris secara keseluruhan.

Pemerintah Inggris masih memberlakukan system karantina selama dua pekan, bagi mereka yang datang dari wilayah zona merah. Kebijakan ini masih diberlakukan sebagai bagian protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Kebijakan ini akan membuat pemain-pemain bintang di Liga Premier Inggris bisa terancam tidak bisa bertanding dalam pertandingan-pertandingan penting klub mereka. Sebab beberapa pemain bintang akan menjalani pertandingan Kualifikasi Piala Dunia membela negaranya masing-masing.

Bintang dari klub top termasuk Liverpool, Manchester United dan Manchester City bisa melewatkan hingga empat pertandingan ketika mereka kembali dari kualifikasi Piala Dunia. Khususnya mereka yang kembali dari negara-negara zona merah dalam daftar negara Inggris.

Negara-negara yang menurut Inggris adalah daerah zona merah diantaranya adalah Brasil , Argentina dan Mesir. Hal ini berpotensi membuat pasangan Liverpool, Alisson dan Roberto Firmino, atau Gabriel Jesus di Manchester City, bisa absen karena harus menjalani karantina.

Lalu, bintang Everton Richarlison, Raphinha di Leeds dan bahkan Mo Salah, juga menghadapi hal yang sama. Mo Salah dipastikan akan turun di Kualifikasi Piala Dunia bersama Mesir di negaranya.

Melihat jadwal pertandingannya, kewajiban menjalani karantina bisa membuat pemain-pemain internasional harus melupakan setidaknya dua pertandingan Liga Premier, satu putaran pertandingan Piala Carabao dan pertandingan babak penyisihan grup di Liga Champions.

Ditambah kebijakan dari FIFA yang mewajibkan klub-klub wajib mengijinkan pemain mereka bermain di Kualifikasi Piala Dunia, situasi ini semakin jelas. Klub-klub Liga Inggris sudah menyampaikan keluhan terhadap kemungkinan ini.

Owner Liga Inggris dalam hal ini juga tengah melakukan pembicaraan dengan pihak Pemerintah Inggris. Mereka berharap ada pengecualian untuk pemain-pemain bintang Liga Inggris terkait keharusan menjalani karantina itu.

Namun sampai saat ini belum diketahui bagaimana sikap pemerintah Inggris terkait dengan permintaan dari Liga Inggris. Pada pekan sebelumnya, disebutkan pengecualian itu tidak mungkib diberikan mengingat karantina adalah kebijakan nasional di Inggris terkait covid-19.

Situasi yang terjadi menghadapkan pemain dalam posisi sulit. Di satu sisi mereka tentu juga ingin memberikan semua yang terbaik bagi klub. Namun sisi yang lain mereka juga tidak bisa mengabaikan panggilan tugas negara.

Selain itu, FIFA juga akan memberikan sanksi jika ada klub yang tidak mengijinkan pemain membela negaranya. Pemerintah Inggris sendiri menyadari betapa besarnya pengaruh Liga Inggris bagi perekonomian negara. Namun memberikan pengecualian juga dipastikan akan membuat mereka dituduh melakukan standart ganda.

Situasi ini juga semakin menjadi rumit saat FIFA memperpanjang jeda internasioanl untuk kualifikasi Amerika Selatan. Jadwal kualifikasi yang begitu dekat dengan jadwal Liga di Eropa khususnya Liga Inggris tidak memungkinkan pemain bisa bermain untuk dua pihak. Bahkan sekalipun tidak ada aturan karantina sekalipun.

Jadwal Kualifikasi game ke-3 Amerika Selatan ‘dijejalkan’ setelah adanya penundaan karena pandemi. Misalnya saja partai Brasil Vs Peru, akan berakhir pada Jum’at (10/9/2021) atau kurang dari 36 jam dari jadwal Man City vs Leicester, MU Vs Newcastle dan Chelsea Vs Aston Villa.

Dari jadwal itu aka nada banyak pemain yang akan mengalami dampak. Ada Fred, Gabriel Jesus, Thiago Silva dan Giovani Lo Celso. Jika situasi tidak teratasi dan berlanjut ke jeda internasional Oktober, pemain seperti Salah dan Firmino juga bisa melewatkan pertandingan Liverpool melawan Manchester United.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: Daily Mail

Comments
Loading...