Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tak Hanya Djoko Tjandra, 213 Koruptor Lainnya juga Dapat Remisi

Djoko Tjandra (Tribunnews/Irwan Rismawan)

MURIANEWS, Jakarta – Dalam rangka HUT ke-76 RI, Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) melalui Direktoral Jendral Pemasyarakatan memberikan remisi umum. Ada 3.496 narapidana yang mendapatkan remisi, 214 orang merupakan narapidana kasus korupsi atau koruptor.

Dari 214 narapidana koruptor itu, satu di antaranya Djoko Tjandra. “Narapidana Tipikor yang mendapatkan remisi umum tahun ini adalah 214 orang dari total 3.496 narapidana tipikor (6%),” kata Kabag Humas dan Protokol Ditjen PAS, Rika Aprianti dikutip dari Detikcom, Sabtu (21/8/2021).

Menurutnya, pemberian remisi itu sudah sesuai ketentuan dan aturan dari Pasal 14 ayat 1 huruf I UU tentang Pemasyarakatan. Ada dua kategori koruptor yang mendapatkan remisi yakni diberikan berdasarkan PP 28/2006 Pasal 34 ayat 3 dan PP 99/2012 Pasal 34A ayat 1.

Rika menyebut narapidana korupsi yang mendapatkan remisi juga harus memenuhi syarat. Salah satu syaratnya berkelakuan baik dan telah menjalani 1/3 masa pidana.

“Terdapat narapidana tindak pidana korupsi yang mendapatkan remisi umum berdasarkan PP 28 Pasal 34 ayat 3, karena telah memenuhi persyaratan yaitu berkelakuan baik, telah menjalani 1/3 masa pidana,” katanya.

“Sedangkan narapidana tindak pidana korupsi yang mendapatkan remisi umum berdasarkan PP 99, karena telah memenuhi persyaratan bersedia bekerja sama dengan penegak hukum untuk membantu membongkar perkara tindak pidana yang telah dilakukannya, dinyatakan secara tertulis dan ditetapkan oleh instansi penegak hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, telah membayar lunas denda dan uang pengganti sesuai dengan putusan pengadilan,” lanjutnya.

Beberapa koruptor yang mendapat remisi adalah, Mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih narapidana kasus suap PLTU Riau-1, Joko Soegiarto Tjandra atau Djoko Tjandra terpidana kasus suap surat jenderal polisi dan jaksa, dan juga rekannya Tommy Sumardi.

Kemudian juga ada rekan Pinangki Sirna Malasari terpidana kasus suap fatwa MA Andi Irfan Jaya, serta Direktur PT Dua Putera Perkasa Pratama (DPPP) Suharjito yang merupakan terpidana kasus suap ekspor benur.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: Detikcom

Comments
Loading...