Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

PENGAJIAN HUT SUKUN BARENG GUS MUS

74 Tahun PR Sukun, Berdiri karena Ingin Ubah Nasib Tunakarya, Kini Serap Ribuan Pekerja

Koordinator Bidang Keagamaan PR Sukun Helmi Tas’an Wartono (kiri) memberikan sambutan dalam acara pengajian virtual dalam rangka HUT ke-74 PR Sukun, Kamis (19/8/2021) malam. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Genap 74 tahun Perusahaan Rokok (PR) Sukun berdiri sejak 19 Agustus 1947 silam. Pendirinya, Mochammad (Mc) Wartono saat itu berangkat dari industri rokok rumahan di sebuah wilayah yang bisa dikatakan daerah hitam, karena tingginya angka pengangguran.

Namun, karena tekat yang kuat untuk mengubah wilayah tersebut dan niat ingin mengubah nasib warga sekitar dengan cara bekerja, dia pun dengan pasti membuka usaha rokok rumahan. Dengan harapan bisa membuat sebuah perubahan di wilayah tersebut.

Dalam pengajian virtual yang diselenggarakan Perusahaan Rokok (PR) Sukun dalam rangka HUT ke-74 PR Sukun yang disiarkan di Youtube channel MURIANEWSTV dan PR Sukun, Kamis (19/8/2021) sejarah perkembangan Sukun ini dikisahkan.

Pengajian ini menghadirkan ulama kharismatik KH Mustofa Bisri (Gus Mus) secara virtual. Serta dihadiri secara langsung oleh KH Yusrul Hana Sya’roni (Gus Hana).

Disebutkan jika tekad Mc Wartono untuk mengubah nasib para tunakarya itu pun membuahkan hasil. Yang pada mulanya hanya mempekerjakan beberapa orang saja, dengan satu jenis rokok klobot dengan merek Siyem, kini semakin berkembang dan terus berkembang hingga menyerap ribuan tenaga kerja. Jenis rokok yang diproduksi maupun jenis usahanya pun yang beraneka pula.

Gus Mus memberi mauidhoh hasanah dalam pengajian virtual HUT ke 74 PR Sukun Bersama Gus Mus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

Nama Sukun, sebenarnya baru dipakai sebagai nama perusahaan ketika Mc Wartono membeli sebuah pabrik rokok kecil dengan nama yang sama di wilayah Kudus Kulon. Dengan merek baru tersebut, usaha ini kemudian mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Kini, PR Sukun menjelma menjadi sebuah group, yakni Sukun Group. Di mana ada sejumlah unit usaha mulai dari PR Sukun, Sukuntex, Sukun Druck, dan Sukun Transport. Sampai dengan akhir 2020 lalu, jumlah tenaga kerjanya pun sudah mencapai enam ribuan lebih.

Bermacam-macam jenis rokok untuk berbagai tingkat harga dengan merek Sukun pun dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri. Pusat penyebaran terbesar produk-produk Sukun ada di wilayah pantura, mulai dari Cirebon di Jawa Barat hingga Sidoarjo di Jawa Timur.

Koordinator Bidang Keagamaan PR Sukun Helmi Tas’an Wartono dalam sambutanya mengatakan, tantangan ke depan jelas akan semakin berat. Apalagi negeri ini masih dilanda pandemi Covid-19.

KH Yusrul Hana Sya’roni (tengah) memberi mauidhoh hasanah dalam pengajian virtual HUT ke 74 PR Sukun Bersama Gus Mus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

Walau demikian, di usia yang ke-74 ini, Sukun tetap berkomitmen membantu masyarakat dan pemerintah, dalam hal ini Pemkab Kudus, dalam memerangi pandemi. Sukun sangat menyadari sepenuhnya, bahwa Pemkab Kudus tidak mungkin berjalan sendirian menghadapi krisis ini.

“Direksi telah memerintahkan kami untuk membantu semaksimal mungkin sesuai kemampuan kami. Banyak hal sudah kami lakukan demi meringankan tugas pemerintah. Meski tentunya hal tersebut barangkali masih jauh dari kata sempurna,” katanya.

Oleh karena itu pihaknya juga memohon doa restu dari semua pihak, agar bisa terus memberikan manfaat untuk masyarakat.

”Kami memohon doa restu kepada orang tua kami, para sesepuh, para kiai, dan hadirin sekalian, agar PR Sukun bisa terus bertahan di masa pandemi ini. Kami juga mohon doa agar kami bisa terus bergerak maju melintasi tantangan zaman yang semakin kompleks,” tambah Helmi.

Dalam kesempatan kali ini juga, PR Sukun, tambah Helmi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, atas dukungan terhadap perusahaan. “Juga kepada para romo kiai yang telah ikut membimbing dan mendoakan kami,” tandasnya.

Sebagai tambahan, Selama pandemic Covid-19, Sukun Group sangat getol membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

Baca: Gus Mus Doakan Sukun Terus Berkembang dan Lebih Baik Lagi

Mulai dari memberikan santunan dan bantuan sosial untuk warga terdampak, memberikan bantuan khusus ke faskesfaskes yang membutuhkan, hingga menyalurkan vaksinasi gratis dari pemerintah serta TNI/Polri kepada warga Kudus, baik lansia, dewasa, hingga anak-anak usia 12 tahun ke atas.

Sementara Gus Hana dalam mauidhoh hasanahnya doakan PR Sukun diberi kemanfaatan kepada masyarakat.

”Di tahun yang ke-74 ini, sudah pasti banyak sekali lika-liku yang telah dilalui oleh PR Sukun. Oleh karena itu kami doakan supaya PR Sukun bisa terus maju, semua keluarga besarnya diberi barokah oleh Allah, umur yang panjang, rezeki yang lancar, dan sehat selalu,” ujarnya.

Sementara Gus Mus turut mengucapkan selamat ulang tahun kepada PR Sukun yang kini genap berusia 74 tahun. Sebagai orang yang beriman, Gus Mus pun mengajak semua jajaran dan keluarga besar PR Sukun untuk bersyukur di ulang tahun ke-74 ini.

“Semoga tetap berkembang dan bisa lebih baik lagi,” doanya.

 

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...